283 Pasutri Ikuti Nikah Massal di Malang

08 November 2019 17:33
283 Pasutri Ikuti Nikah Massal di Malang
Nikah massal ke-IV diselenggarakan JKJT diikuti 283 Pasutri di Pendopo Malang, Jalan KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jatim. (Awin D/Trans89.com)

MALANG, TRANS89.COM – Nikah massal ke-IV diselenggarakan Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) diikuti 283 pasang suami istri (Pasutri) pengantin di Pendopo Malang, Jalan KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/11/2019).

Sekitar pukul 08.40 Wib, pelaknaan kirab nikah massal tiba di Pendopo Malang Jalan KH Agus Salim, Kota Malang, dilanjutkan acara penjemputan para peserta nikah massal.

Sambutan panitia penyelenggara, Zaenal Saifuddin mengatakan kilas balik sejarah JKJT yang berasal dari para relawan dimana tujuan diadakan nikah massal ini agar para warga miskin yang tidak mempunyai buku nikah akan mempunyai buku nikah yang sah dan resmi secara negara juga agama untuk melengkapi administrasi sebagai keluarga.

“Dengan mempunyai kelengkapan administrasi tersebut, maka secara hukum keluarga tersebut akan mudah untuk melengkapi administrasi kependudukan,” katanya.

Dilanjutkan prosesi akad nikah massal.

Sambutan Bupati Malang, M Sanusi mengucapkan selamat kepada peserta nikah massal. Dengan nikah massal ini, maka pasangan akan memperoleh dan memiliki ketetapan hukum serta bentuk administrasi kekeluargaan sebagai warga negara Indonesia.

“Dengan nikah massal ini, seluruh hak-hak sebagai warga Negara Indonesia akan terpenuhi,” paparnya.

Selanjutnya sambutan Walikota Malang, Sutiaji juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Malang yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Setelah dokumen sudah resmi, maka segera diurusi administrasi kelengkapan kekeluargaan, agar segala hak-hak sebagai warga negara terpenuhi semua,” ujarnya.

Sambutan Danrem 083/Bdj, Kolonel Inf Zainuddin menyampaikan ucapan terimakasih kepada para panitia yang telah bersusah payah dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Di mata hukum, hak-hak sebagai warga negara harus di fasilitasi dan dilayani. Dokumen yang telah diterima saat ini harus digunakan sebaik mungkin. Semoga kedepan hidup kita semua semakim baik dan sejahtera,” paparnya. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya