Tiga Jam Berlayar Dari Pulau Latondu, KM Masagenae Hanyut Sejauh 10 Mil dari Pelabuhan Pattumbukang

06 November 2019 23:31
Tiga Jam Berlayar Dari Pulau Latondu, KM Masagenae Hanyut Sejauh 10 Mil dari Pelabuhan Pattumbukang
Area Pelabuhan Pattumbukang, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupate Kepulauan Selayar, Sulsel. (Fadly Syarif/Trans89.com)

KEPULAUAN SELAYAR, TRANS89.COM – Salah satu armada perahu nelayan Kapal Motor (KM) Masagenae yang berangkat dari Pulau Latondu, Kecamatan Takaboneerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dikabarkan hanyut terbawa arus setelah tiga jam berlayar dari Pulau Latondu dengan tujuan Pelabuhan Puttumbukang di Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar.

Saat melintasi, Pulau Kayuadi, kemudi perahu yang dinakhodai Saiful (35) tiba-tiba patah dan mengakibatkan perahu hanyut terseret arus sejauh sepuluh mil dari Pelabuhan Pattumbukang.

“Perahu bermuatan sepuluh orang penumpang tersebut hanyut pada sekitar pukul 15.00 Wita, Selasa (05/11/2019) kemarin,” kata Patta Saleh salah seorang korban yang saat itu berada di atas KM Masagenae.

Informasi kejadian diterima pertama kali oleh wartawan via whatsapp sekitar pukul 16.44 Wita, hari Selasa sore 5 November dan langsung diteruskan ke Posko Induk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Pos SAR Selayar.

Pos SAR, Selayar yang menerima laporan kejadian langsung bergerak cepat menuju tempat kejadian perkara (TKP) beberapa saat setelah mendapatkan titik koordinat hanyutnya KM Masagenae. Sepuluh orang korban yang berada di atas perahu langsung dievakuasi tim SAR.

Patta Saleh (41) yang dikonfirmasi wartawan Selasa malam 5 November menuturkan perahu berikut perlengkapan alat selam yang terdapat di atasnya, rencana akan dievakuasi menuju Pelabuhan Pattumbukang dengan menggunakan perahu balapan yang ikut membantu proses evalkuasi korban.

“Perahu yang rusak rencana akan dievakuasi menuju Pelabuhan Pattumbukang. Akan tetapi, saya sendiri enggan memastikan jadi tidaknya perahu ditarik menuju Pelabuhan Pattumbukang. Yang pasti, kami sendiri saat ini sudah berada di kawasan wisata Sunari Beach Resort untuk beristrahat,” tutur Saleh.

Berikut nama-nama korban di atas KM Masagenae yang berhasil dievakuasi Tim Sar dan Rescue Pos SAR Selayar, Saiful (35) Nakhoda, Fitra (28), Ijal (37), Indah (29), Erfan (33), Bob (31), Patta Saleh (41), Andi Irwan (25), Andi Irwan (25), Bur (27), Melisa (27). (Fadly/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya