Menuju Pilkada Pasangkayu, KPU Sosialisasi Tahapan ke Masyarakat

06 November 2019 17:04
Menuju Pilkada Pasangkayu, KPU Sosialisasi Tahapan ke Masyarakat
Camat Bambalamotu Masran Djohar saat memberikan sambutan awal dalam acara sosilisasi tahapan Pilkada 2020 kabupaten Pasangkayu ke masyarakat di Aula Kantor Camat Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Andis/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 Pasangkayu, November ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mensosialisasikan tahapan Pilkada ke masyarakat melalui pemerintah kecamatan.

Sosialisasi tahapan Pilkada oleh KPU bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Pasangkayu ini dilaksanakan selama 4 hari yang dihadiri Ketua KPU Pasangkayu Sahran Ahmad, Asisten, Ketua DPRD, dan kali ini digelar di Aula Kantor Camat Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi barat (Sulbar), Rabu (6/11/2019).

Dalam sambutan awal acara, Camat Bambalamotu Masran Djohar mengucapkan terimakasih kepada pihak KPU, bagaimana juga tahapan Pilkada ini harus diketahui masyarakat hingga tingkat bawa. Apalagi katanya, sesuai Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 juga mengatur pemerintah kecamatan hingga desa dan kelurahan dalam pelaksanaan pemilu wajib mempunyai kewajiban menugaskan personil pada sekretariat dan ruangan untuk PPK dan PPS untuk ikut membantu pelaksanaan pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih.

“Terkait dengan peran dan kewajiban itu, maka camat dan kades harus berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu. Diantaranya untuk mendorong masyarakat menggunakan hak pilih,” ucap Masran.

Hal yang sama dikatakan Asisten Pemerintah, mewakili bupati, Abdul Wahid mengungkapkan, pemerintah dalam hal ini Kabupaten Pasangkayu mempunyai peran penting dalam sama-sama mensukseskan pesta demokrasi yang sedang berjalan, dan berharap kepada kepala desa atau masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini bisa ikut berpartisipasi mensosialisasikan kepada lapisan masyarakat nantinya.

“Kita sepakat, bahwa masyarakat menjadi ujung tombak terciptanya kontes demokrasi, khusus di tahapan Pilkada sudah dimulai. Tanpa kita semua, siapa lagi kalau bukan kita yang menjadikan Pilkada berjalan dengan kondisif nantinya,” ungkap Wahid.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Pasangkayu Sahran Ahmad menjelaskan, setelah penandatanganan nota kesempatan dengan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu mengenai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), KPU memulai mengumumkan dan mensosialisasikan tahapan Pilkada.

“Kegiatan awal kami saat ini adalah mengumumkan dan mensosialisasikan tahapan Pilkada,” jelas Syahran.

Menurutnya, saat ini draf pencalonan perseorangan dan dari partai masih dibahas ditingkat pusat dan KPU kabupaten masih menunggu keluarnya Peraturan KPU yang baru tentang pencalonan dalam Pilkada.

“Untuk saat ini, dalam melaksanakan persiapan Pilkada, KPU berpegang pada PKPU tahun 2018 tentang pemilihan umum. PKPU pencalonan itu, kewenangan KPU RI dan masih dibahas saat ini,” tutup Sahran. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya