Ahli Waris Blokir Jalan ke Pelabuhan Tanjung Barnabas PT NHM Halmahera Utara

06 November 2019 16:48
Ahli Waris Blokir Jalan ke Pelabuhan Tanjung Barnabas PT NHM Halmahera Utara
Aksi pemblokiran akses jalan masuk pelabuhan Tanjung Barnabas PT NHM Desa Balisosang, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halut, Malut. (Warta Iksani/Trans89.com)

HALMAHERA UTARA, TRANS89.COM – Aksi pemblokiran akses Jalan masuk pelabuhan Tanjung Barnabas terkait sengketa lahan pelabuhan oleh Keluarga Safi Hi Adam Surabaya berasal dari Desa Akelamo Kao dan Desa Soasio Galela diikuti 20 peserta dipimpin Sofyan Surabaya di Pelabuhan Tanjung Barnabas PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) Desa Balisosang, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut), Selasa (5/11/2019).

Massa aksi menggunakan kayu, ranting pohon. Pamlet bertuliskan, bayar dulu baru kerja lanjut.

Sekitar pukul 19.00 Wit, di fron gate PT NHM Desa Tabobo berlangsung pertemuan antara keluarga pemilik lahan dengan manejemen PT NHM di hadiri 9 orang, masing-masing Manejer CSR PT NHM Sandy Lintungan, Iptu Joni, Rizal B Tolongara, Muridun.

Penyampaian Kepala Pegamaman (Kapam), Iptu Joni mengatakan, tujuan pertemuan pada hari ini guna membahas persoalan sengketa lahan, namun tentunya persoalan ini sudah sampai ke Pengadilan, sehingga dalam hal ini meminta kepada massa aksi agar tidak menutup jalan akses pelabuhan Tanjung Barnabas.

“Hal itu agar tidak terjadi komplain dari angkutan logistik dan saya berharap agar pemalangan akses pelabuhan di buka dan kita fokus pada inti persoalannya agar secepatnya persoalan ini dapat kita mencari solusi bersama,” kata Iptu Joni.

Keluarga pemilik lahan, Rizal B Tolongara menyebutkan, kami juga tidak menginginkan pemalangan ini terjadi.

“Ini adalah hak kami sebagai pemilik lahan dan perlu diketahui, bahwa selama ini sejak tahun 1999 baru sekali pembayaran kontrak lahan dan selanjutnya belum terbayarkan, jadi kami berharap pihak perusahan dapat memahami itu,” sebut Rizal.

Sementara Muridun menjelaskan, selama 20 tahun ini di diamkan, sehingga tidak ada toleransi yang bisa di pegang. Dirinya baru mendapat informasi dari pemilik lahan dan meminta bagaimana yang terbaik dan seperti apa mekanismenya dan meminta surat atau nota sebagai pegangan, sebab secara logika dan berdasarkan pengalaman kami, ini sulit untuk di pahami oleh pihak perusahan. Dan kami meminta agar di kemudian hari tidak ada yang berkelik, nota kesepakatan nantinya sebagai pegangan kita.

“Pada tahun 1999-2000 paska rusuh kami kesini mempertnyakan tentang kontrak, ternyata susah, ada keluarga lain yang mengaku sebagi hak waris dan di lepas ke NHM sebesar Rp15 juta. Ketika kami menelusuri keabsahan dokumen jual beli, ternyata ada yang keliru, kalaupun NHM mengetahui ini bermasalah kontrak pertama dengan Bapak Sabri dan kemudian ada Rusdi yang datang mengaku bahwa ini warisan, harusnya pihak PT NHM lebih profesional, sehingga tidak menjadi sengketa,” jelas Muridun.

Tanggapan Sandi Luntingan, persoalan ini dirinya akan bertanggungjawab dan akan membuat surat pernyataan yang akan ditandatanganinya dimana awal bulan Desember akan dilayangkan surat pemanggilan kepada pihak pemilik lahan untuk kita bertemu kembali dan membahas persoalan ini namun sebelumnya, pihaknya akan pelajari permasalahan ini terlebih dahulu dan seterusnya akan memanggil pemiliknya juga akan sampaikan permasalahannya ada dimana.

“Terkait dengan demonstrasi seperti ini ada aturannya dari pemerintah yaitu mekanisme dalam melaksanakan aksi, yaitu mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 Wit, jadi ada beberapa hal yang telah di langgar oleh pihak massa aksi, akan tetapi hal ini saya pahami dan proses harus tetap berjalan sesuai mekanisme,” papar Sandi.

Adapun hasil pertemuan, kedua belah pihak telah bersepakat akan melakukan pertemuan kembali guna membahas terkait sengketa lahan pelabuhan Tanjung Barnabas pada Bulan Desember 2019 namun waktu dan tempat belum di tentukan.

Pukul 21.45 Wit, massa aksi membuka palang akses jalan masuk pelabuhan Tanjung Barnabas dan selanjutnya massa akai membubarkan diri. (Iksani/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya