Sosialisasi Kewaspadaan Dini Unsur Aparat Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Pemkab Polman

05 November 2019 02:47
Sosialisasi Kewaspadaan Dini Unsur Aparat Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Pemkab Polman
Sosialisasi kewaspadaan dini kepada unsur pemerintah kecamatan dan kelurahan lingkup Pemkab Polman, berlangsung di aula hotel Bumiraya Jalan Todilaling, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali, Kabuaten Polman, Sulbar. (Jo Alexander/Trans89.com)

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Sosialisasi kewaspadaan dini kepada unsur pemerintah kecamatan dan kelurahan dengan tema, ‘optimalisasi peran pemerintah terhadap kewaspadaan dini dalam meningkatkan cegah dini terhadap ancaman, tantangan hambatan dan gangguan di Kabupaten Polewali Mandar’, dihadiri sekitar 50 orang peserta, berlangsung di aula hotel Bumiraya Jalan Todilaling, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali, Kabuaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (4/11/2019).

Sambutan Wakil Bupati Polman M Natsir Rahmat mengatakan, situasi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat sejak berjalannya reformasi sampai saat ini masih diwarnai dengan fenomena sosial dan politik yang sangat dinamis, namun reformasi masih belum dipahami secara baik.

“Dalam banyak kasus, reformasi sering diartikan sebagai kebebasan yang tidak terkendalikan. Demikian juga dalam memahami otonomi daerah (Otoda) yang tidak konfrehensip telah menambah jumlah penyebab rentannya situasi dan kondisi dalam masyarakat. Amanat Pasal 22 UndangUndang Nomor 32 Tahun 2004, menegaskan bahwa dalam menyelenggarakan Otoda, maka daerah mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kerukunan nasional, serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Rahmat.

Menurutnya, tantangan yang paling berpotensi menjadi ancaman terhadap kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa sekarang ini, justru lebih banyak muncul dari dalam negeri sendiri.

“Hal itu dapat dilihat seperti penyebaran isu-isu yang betrsifat sara dan kelompok-kelompok tertentu yang telah meresahkan ketentraman masyarakat demi kepentingan politiknya,” tutur Rahmat. (Jo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya