Rapat Pemantapan Persiapan Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Sulbar

04 November 2019 22:19
Rapat Pemantapan Persiapan Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Sulbar
Rapat pemantapan persiapan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 tingkat Provinsi Sulbar, berlangsung di ruang rapat Lantai 2 Kantor Gubenur Sulbar, Jala Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Rapat pemantapan persiapan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diikuti sekitar 30 orang dipimpin dari Biro Umum Setprov Sulbar Muh Irfan, berlangsung di ruang rapat Lantai 2 Kantor Gubenur Sulbar, Jala Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju, Senin (4/11/2019).

Bati Pers Korem 142/Taro Ada Taro Gau (Tatag), Pelda Budi mengatakan, kami dari Korem menyarankan upacara 10 November dilaksanakan serentak di setiap instansi, dan ada beberapa titik yang akan dilaksanakannya upacara, yaitu di tingkat propinsi upacaranya dilaksankan di kantor gubenur, untuk di kabupaten dilaksankan di lapangan Ahmad Kirang dan Korem melaksanakan upacaranya di Makorem 142/Tatag.

“Upacara bendera dilakukan dengan waktu serentak pada pukul 08.00 Wita, dan selesai upacara pada waktu pergeseran pejabat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) sekitar 15 menit. Hari Kamis tanggal 7 November 2019 dilaksankan gladi upacara di kantor gubenur, mohon didukung pelaksanaan gladi upacara. Untuk soundsistem dari Pemprov agar disiapkan,” katanya.

Komandan Lanal Mamuju, Letkol Marinir Laoede Jimmy Herizel Rahman menuturkan, dirinya baru di Mamuju dan Danlanal baru, sementara dalam pelaksanaan untuk rencana upacara dan ziarah di TMP itu tidak semudah rencana tertulis.

“Terkait waktu yang dilihat, jedah waktu dari kegiatan satu dengan satu yang lain waktunya cuma 15 menit, karena mengatur personil yang ada di lapangan tidak semudah rencana yang tertulis. Dalam pelaksanaan gladi kotor atau gladi bersih, harus sudah keadaan fix atau sudah jelas, jadi kurang atau lebihnya bisa harus didukung satu sama lain,” tuturnya.

Danton pelopor Brimob Polda Sulbar, Ipda Hermato menjelaskan, untuk Brimob yang ditunjuk secara tehknis sebagai Komandan Upacara harus berpangkat perwira menengah (Pamen), permaslahanya di Brimob sekarang yang berpangkat Pamen itu sendiri kurang, bahkan banyak tugas di luar, mohon kiranya untuk direncanakan dan ditunjuk ulang.

“Mungkin dari tekhnis panitia penyelengara disampaikan atau disarankan untuk ditunjuk sebagai Komandan Upacara yang berpangkat Pamen bisa dari Polres maupun dari Polda,” jelasnya.

Muh Irfan menjelaskan, kita dari Biro Umum Pemprov sudah siap untuk mendukung kebutuhan saat dilaksankan upacara.

“Jadi, secara admintrasinya maupun dukungan teknis kami sudah siap,” jelasnya.

Pasi Intel Lanal Mamuju, Kapten Laut (KH) Tano Kakauhe mengucapkan permohonan agar seksi pengamanan juga dilibatkan dari Lanal Mamuju.

“Sebab salah satu rangkaian kegiatan akan dilaksanakan di Lanal Mamuju,” ucapnya. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya