Gubernur Pimpin Raker Triwulan Ketiga Evaluasi Kinerja OPD Pemprov Sulbar

04 November 2019 23:14
Gubernur Pimpin Raker Triwulan Ketiga Evaluasi Kinerja OPD Pemprov Sulbar
Raker triwulan ketiga dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan daerah lingkup Pemrov Sulbar, berlangsung di ruang auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Rapat kerja (Raker) triwulan ketiga dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan daerah lingkup Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulawesi Barat (Sulbar) dihadiri sekitar 150 orang peserta, berlangsung di ruang auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju, Senin (4/11/2019).

Sambutan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, Raker pimpinan triwulan ketiga dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan daerah lingkup Pemprov Sulbar seharusnya dilaksanakan pada bulan Oktober 2019, karena satu dan lain hal berbagai kesibukan, pimpinan kita memberikan kesempatan yang luas kepada OPD (organisasi perangkat daerah) untuk terus melakukan konsolidasi internal untuk pencapaian kinerja sampai dengan semester tiga.

“Satu hari ini kita akan memanfaatkan waktu untuk menyampaikan hal yang sangat penting, seperti mereview apa yang selama ini yang kita akan perbaiki pada catatan pada triwulan kedua dan arahan gubernur untuk evaluasi rutin. Tuntutan PP 12 Tahun 2017 terkait Bimbingan dan Pengawasan (Binwas) penyelenggaraan pemerintahan,” kata Idris.

Menurutnya, tujuan kegiatan pada hari ini untuk mengetahui capaian kinerja sampai September untuk semua OPD lingkup Pemprov Sulbar yang lebih fokus pada review pelaksanaan penganggaran, capaian kinerja pengawasan dan evaluasi serta isu strategis, sistem penyelenggaraan berbasis elektronik yang geo parsial.

“Target kegiatan pada hari ini adalah pengendalian program dan kegiatan serta penilaian prestasi kerja OPD. Isu kritis yang melandasi kita pada kegiatan hari ini, rendahnya daya serap anggaran di mana saja yang masih rendah serapan anggarannya akan ditampilkan indeksnya. Capaian kinerja fisik ada kemungkinan daya serap anggarannya tinggi namun ada kemungkinan capaian kinerja fisik masih rendah. Sinkronisasi dan koordinasi antara unit yang ada dibawah kendali Asisten. Tingkat kepatuhan harus hati-hati, jangan sampai tahun 2019 ini menjadi tahun yang menghawatirkan tidak lagi mendapatkan kelanjutan WTP (wajar tanpa pengecualian). Efektivitas pelaksanaan urusan pemerintahan terkait dengan uut cam dalam menjalankan pemerintahan yang berorientasi pada out cam,” tutur Idris.

Ia menyebutkan, kita harus cepat respon kebijakan nasional dan isu nasional Pemprov Sulbar harus ikut berpartisipasi dalam agenda nasional termasuk kita harus mendapatkan isu percepatan infrastruktur strategis. Dimana isu kritis pengembangan tujuh diretion presiden dalam pelantikan Kabinet, tren RPJMN 2019-2024, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang fokus kepada serapan anggaran, akselerasi kebijakan satu data dan E-government, serta penguatan budaya kerja baru dengan ide To Malaqbi dan kelembagaan.

“Agenda penting Triwulan IV, Perda APBD Tahun 2020, evaluasi kinerja akhir Tahun 2019, pembinaan dan pengawasan Pilkada Kabupaten, momentum penerapan penggunaan IT 1 Januari 2020, Ranperda kelembagaan perubahan, seleksi 295 CPNS, seleksi dan penetapan 5 jabatan pratama, rotasi eselon III dan IV, dan penilaian RB Sulbar,” sebut Idris.

Dalam Arahan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) menyampaikan, tidak terasa sudah memasuki akhir tahun anggaran 2019, kita sudah berada di bulan November 2019 dan satu bulan kedepan bulan Desember, dan ingin melihat serta mendengar sejauh mana progress realisasi fisik dan keuangan periode akhir Oktober 2019 yang baik bersumber dari APBD melalui dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK) serta alokasi anggaran APBN dekonsentrasi dan tugas pembantuan lainnya.

“Dalam mendukung tugas gubernur menjalankan roda pemerintahan di Provinsi Sulbar, saya sangat berharap agar apa yang sudah kita rencanakan di tahun 2019 dapat berjalan secara efektif dan efisien, tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu dan apa yang kita kerjakan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Sulbar. Tahun 2019 ini memiliki tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan komitmen dan keseriusan kita para pimpinan OPD beserta seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk lebih kinerja secara maksimal,” papar ABM.

Dirinya mengungkapkan, kita harus hilangkan cara-cara kerja lama dan konvensional, kita harus bekerja keras, kita harus kerja cepat dan harus disertai kerja-kerja yang produktif. Dalam dunia yang penuh resiko saat ini yang sangat dinamis dan sangat kompetitif, kita harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru, kita harus melakukan percepatan mendorong investasi, kita harus memberi kemudahan dalam investasi, jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas monoton dan tidak menghasilkan apa-apa.

“Tidak ada lagi visi misi OPD, yang ada adalah visi misi gubernur yang harus senantiasa didukung oleh seluruh OPD. Kita semua berharap atas apa yang sudah kita perlukan di tahun 2019 ini dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Sulbar,” ungkap ABM.

ABM menyebutkan, berbagai macam permasalahan pembangunan yang harus kita selesaikan bersama, mulai dari pelayanan dasar sampai dengan pelayanan non dasar, hal ini bertujuan agar hakikat dari adanya pemerintah yang senantiasa hadir bagi seluruh elemen masyarakat, sehingga masyarakat dapat terlayani, terbangun dan berdayakan.

“Kita ingin perekonomian Sulbar tetap tumbuh di atas rata-rata nasional, kemiskinan ditanggulangi, pengangguran dikurangi serta ketimpangan pendapatan dan kesenjangan antar wilayah semakin kecil. Saya kembali mengajak kepada saudara sekalian untuk bersama-sama berkomitmen untuk bekerja secara serius, ikhlas dan profesional demi wujudkan Sulbar maju dan Malaqbi,” sebutnya. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya