Gerakan Pemuda Marhaenis Malut Unjuk Rasa Depan Kantor Kejati dan Walikota Ternate, Ini Tuntutannya

04 November 2019 20:36
Gerakan Pemuda Marhaenis Malut Unjuk Rasa Depan Kantor Kejati dan Walikota Ternate, Ini Tuntutannya
Aksi DPD GPM Malut terkait kasus dugaan korupsi dan problematika di Kota Ternate, berlangsung di Kejati Malut, Kelurahan Stadion dan Kantor Walikota Ternate, Kelurahan Muhajirin, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. (Warta Iksani/Trans89.com)

TERNATE, TRANS89.COM – Aksi unjuk rasa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Maluku Utara (Malut) terkait kasus dugaan korupsi dan problematika di Kota Ternate diikuti 15 orang peserta aksi dipimpin Yuslan Gani berlangsung di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut, Kelurahan Stadion dan Kantor Walikota Ternate, Kelurahan Muhajirin, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Senin (4/11/2019).

Massa aksi menggunakan mobil truk lengkap dengan soundsistem sebagai panggung orasi, spanduk bertuliskan, Kejari segera periksa Kadis Perindag, tuntaskan kasus Haornas, kami anti korupsi. Kejati Malut segera tuntaskan dugaan kasus waterboom dan pengadaan lahan perikanan. KPK segera ambil alih kasus waterboom.

Massa ksi mebagikan selembaran dan dibacakan Yuslan Gani mengatakan, dinamika memperkaya diri degan modus korupsi keuagan negara adalah bagian dari kejahatan kemanusiaan yang di praktekan secara masif dan diperankan oleh oknum pejabat yang tidak bermoral, sehingga merugikan keuangan negara, tetapi juga telah merupakan pelanggaran terhadap hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat secara luas.

“Tindakan pidana korupsi (Tipikor) perlu di golongkan sebagai kejahatan yang pemberantasannya dilakukan secara radikal. Dugaan kasus Tipikor pembebasan lahan 2,4 Hektar (Ha) merupakan lahan waterboom di Kayu Merah yang telah merugikan keuangan daeraah sebesar Rp3,3 miliar,” kata Yuslan.

Menurutnya, dugaan dan indikasi kasus pendapatan retribusi pasar grosir atau pertokoan yang tidak di setor ke kas daerah (Kasda) senilai Rp149.070.656.25 yang diduga melibatkan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Ternate.

“Selai itu, dugaan dan indikasi pada belanja modal peralatan mesin yang di duga telah merugikan keuangan daerah senilai Rp335.000,000,00. Dugaan dan indikasi pungutan liar (Pungli) di lingkup Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate pada Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas). Dugaan dan indikasi kasus atas penganggaran belanja bantuan sosial (Bansos) yang tidak sesuai ketentuan,” tutur Yuslan.

Ia menjelaskan, hal itu tentunya telah melanggar ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 atas perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor. Kejahatan korupsi pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diubah terakhir dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tantang pengadaan barang dan jasa (PBJ).

“Untuk itu, kami dari DPD GPM Malut mendesak Kejati Malut segera tuntaskan dugaan kasus pembebasan lahan waterboom, dugaan kasus pembebasan lahan perikanan nusantara Mangga Dua. Mendesak Kejati Malut segera mangeksekusi putusan Mahkama Agung (MA) soal kasus waterboom dan Kejati segera bentuk tim dan mengusut pembebasan lahan perikanan nusantara Mangga Dua. Mempertanyakan kepada Kejari Kota Ternate soal proses penanganan kasus dugaan korupsi anggaran Hornas Tahun 2018. Mendesak Kejari Ternate mengusut dugaan dan indikasi kasus di lingkup Disperindag Kota Ternate. Mendesak Kejari segera bentuk tim dan menelusuri dana Bansos yang ada di lingkup Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ternate. Mempertanyakan kepada Kejati Malut soal kasus waterboom yang sampai saat ini tidak ada kabar. Meminta Kejari Ternate menelusuri dugaan dan indikasi pungli di lingkup Dinkes Kota Ternate. Meminta Walikota Ternate segera memanggil dan mengevaluasi Kepala Dinas yang bersangkutan diatas. Jika tuntutan kami tidak diindahkan, kami akan konsolidasi massa yang lebih banyak untuk memboikot Kejati dan Pemkot Ternate.

Massa melanjutkan aksinya di depan Kantor Walikota Ternate, Kelurahan Muhajirin dengan penyampaian orasi yang sama. (Iksani/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya