FSH Ar Raniry Banda Aceh Gelar Seminar Pusat Studi Falak

02 November 2019 00:37
FSH Ar Raniry Banda Aceh Gelar Seminar Pusat Studi Falak
FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar seminar di ruang teater FSH di Banda Aceh. (Aljawahir/Trans89.com)

BANDA ACEH, TRANS89.COM – Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar seminar di ruang teater FSH dengan tema, ‘Arah Baru Ilmu Falak: Teknologi Penentua Arah Kiblat dan Awal Bulan Kamariyah’.

Tema ini diangkat dengan harapan dapat menghasilkan integrasi antaras syari’ah dan sains dalam arah kiblat dan awal bulan Kamariyah, Kamis (31/10/2019).

TIM Badan Hisab Rukyah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, Alfirdaus Putra sebagai pemateri pada seminar tersebut yang dimoderatori Cut Rahma Rizky mahasiswi Fiqh Modern pada Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan merupakan alumni S1 Ilmu Falak, beliau juga merupakan pembina santri pada Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa.

Seminar yang diikuti sekitar 150 orang tersebut terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari santri, mahasiswa, instansi pemerintah, dan masyarakat umum.

Dalam sambutan ketua panitia, Moh Kalam menyampaikan bahwa ilmu falak di FSH berkembang dalam beberapa periode, mulai dari model metode perhitungan hisab urfi, sampai dengan hisab hakiki.

“Ilmu Falak di Fakultas Syari’ah dapat berkembang lebih pesat dengan adanya seminar ini,” papar Kalam.

Menurutnya Dekan FSH UIN Ar Raniry, Muhammad Siddiq sekaligus membuka acara seminar, perbedaan falak dengan astronomi adalah kita menempatkan syariah di dalam sains.

“Jadi itulah ilmu falak yang dipelajari di fakultas syari’ah,” tuturnya.

Sementara Riza Afrian Mustaqim menjelaskan, adapun rangkain seminar ini, selain ada pemaparan teori, juga ada praktek penggunaan alat-alat falak.

“Penggunaan alat-alat seperti theodolit, teleskop, mizwala, binokular, dan lain-lain,” jelasnya.

Berkat kerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Aceh, seminar dan praktek ini berlangsung hingga pukul 17.30 WIB.

FSH UIN Ar-Raniry sudah melakukan MoU kerjasama dengan Kanwil Aceh yang ditandatangani oleh Dekan FSH dengan Kakanwil Kementerian Agama Aceh dalam hal Hisab Rukyat.

Salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan, setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah Ilmu Falak diharuskan melakukan praktek di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh, Lhoknga. (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya