Reses Pertama Anggota DPRD Sulbar Setelah Dilantik, Yusri: Merupakan Tugas Negara dan Kewajiban Menyerap Aspirasi

31 October 2019 22:32
Reses Pertama Anggota DPRD Sulbar Setelah Dilantik, Yusri: Merupakan Tugas Negara dan Kewajiban Menyerap Aspirasi
Anggota DPRD Sulbar Dapil Pasangkayu, Yusri M Nur menggelar reses pertamanya berlangsung di warkop Kilometer Nol, Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Enis/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Setelah resmi dilantik beberapa waktu lalu, sebanyak 45 orang anggota DPRD Sulbar melakukan reses di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Salah seorang anggota DPRD Sulbar Dapil Pasangkayu, Yusri M Nur menggelar reses pertamanya berlangsung di warkop Kilometer Nol, Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu. Reses tersebut dihadiri tokoh masyarakat dan pemuda Kota Pasangkayu sekitar 50 orang, Kamis (31/10/2019) malam.

Yusri mengatakan, sekitar sebulan lalu, kami 45 orang dilantik sebagai anggota DPRD Sulbar dan terdapat 6 orang wakil dari Dapil Pasangkayu, Rayu, Marigun Rasyid, Abidin, Andi Qhushaeri dan dirinya.

“Reses ini merupakan tugas negara dan kewajiban anggota DPRD untuk menyerap aspirasi masyarakat, dan itu berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” kata Yusri yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Perindo Pasangkayu.

Ia menceritakan perjalanan kariernya di dunia politik, kalau dirinya dulu memimpin Partai Demokrat dan berhasil mendudukan 5 orang anggota DPRD di Kabupaten Pasangkayu untuk periode 2014-2019, setelah itu, dirinya keluar dan memimpin Partai Perindo

“Alhamdulillah, walaupun Partai Perindo merupakan peserta baru di Pemilu 2019, namun kami pengurus Partai Perindo berhasil mendudukan tiga orang di perwakilan DPRD Pasangkayu dan saya sendiri di DPRD Sulbar,” cerita Yusri.

Dirinya menjelaskan, kami para anggota DPRD Sulbar sebanyak 45 orang lakukan reses di Dapil masing-masing untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Reses ini untuk menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen (masyarakat) melalui kunjungan kerja (kunker) secara berkala, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat dan memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politik kepada konstituen di Dapil masing-masing,” jelas Yusri.

Menurutnya, reses ini merupakan momentum masyarakat untuk menyampaikan program pembangunan di daerah sesuai dengan rencana pembanguna jangka menengah (RPJM) Sulbar. Untuk itu, diminta kepada masyarakat menyampaikan aspirasinya, agar apa yang menjadi keinginan yang bersifat konstruktif bisa ditindaklanjuti kepada pihak eksekutif dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sulbar.

“Apapun aspirasi dan keluhan konstituen akan kita tindaklanjuti, karena merupakan tanggungjawab moril kita terhadap aspirasi masyarakat sesuai aturan dan perundangan yang berlaku,” kata Yusri yang juga mantan Komisoner KPU Pasangkayu dua periode ini.

Kegiatan reses anggota DPRD Sulbar, Yusri M Nur dilanjutkan interaksi melalui dialog dalam rangka menyampaikan aspirasinya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya