Peringatan Hari Dharma Karyadhika di Sulbar

31 October 2019 01:19
Peringatan Hari Dharma Karyadhika di Sulbar
Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019 dipimpin Wagub Sulbar, Enny Angraeny Anwar, berlangsung di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas II, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019 dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Barat (Sulbar), Enny Angraeny Anwar diikuti sekitar 200 orang peserta upacara, berlangsung di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas II, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (30/10/2019).

Amanat Inspektur Upacara, Enny Angraeny Anwar mengatakan, birokrasi digital sekarang bukan lagi hal yang asing bagi kita.

“Di beberapa kesempatan dan tulisan saya, seringkali menyinggung tentang birokrasi digital. Saya yakin, saudara-saudara pasti sudah paham bahwa birokrasi digital ini lahir dari suatu perubahan kondisi di dunia yaitu disruption era yang diyakini telah mempengaruhi berbagai relasi bangsa dalam memenangkan persaingan global. Sistem negara dan sumber daya menuju ke suatu sistem yang saling terkait,” kata Enny.

Menurutnya, dalam era disruption, kemunculan fenomena internet of things menjadi keniscayaan, fenomena ini harus disikapi dengan cepat melalui akselerasi reformasi birokrasi substansial yang tidak hanya prosedural semata, bahkan dalam sambutannya, Presiden sering mengingatkan bahwa ke depan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat.

“Kecepatan, akurasi dan kecermatan menjadi dasar dalam pelayanan publik dan pengelolaan birokrasi di negeri ini. Keberhasilan transformasi birokrasi digital di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkuham) ini tergantung dari kemampuan adaptasi sumber daya manusianya (SDM). SDM Kemenkum HAM harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi dalam bekerja. SDM Kemenku Ham tidak boleh lagi gagap teknologi, semua harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Kompetensi SDM sangat memengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital,” tutur Enny.

Ia menjelaskan, melihat urgensi penerapan birokrasi digital ini, dirinya minta seluruh SDM Kemenkum HAM segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Pada kesempatan ini, ia minta seluruh unit organisasi, di bawah koordinasi Badan Pengembangan SDM Kemenkum dan Ham memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di unitnya masing-masing dengan materi-materi yang up to date, based on it, dan mampu menjawab isu-isu strategis.

“BPSDM sebagai koordinator harus mampu meningkatkan kualitas SDM Kemenkum HAM. Corporate Universit harus segera direalisasikan, karena itu adalah bagian dari upaya Kemenkum HAM untuk menghasilkan ASN yang kompeten dan berdaya saing tinggi, yang mampu bersaing dengan Kementerian atau lembaga lain, sehingga ke depan sudah tidak ada lagi ASN yang kompetensinya rendah,” jelas Enny.

Dirinya menyebutkan, lima tahun ke depan, seluruh SDM Kemenkum HAM harus bekerja dengan keras, cepat dan produktif, serta lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi di seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran. Upaya peningkatan kompetensi SDM tidak mungkin hanya kita lakukan sendiri tanpa bermitra dengan instansi atau lembaga lain.

“Oleh karena itu, saya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi unit organisasi atau ASN untuk mencari peluang dalam memperoleh kesempatan bermitra atau mendapatkan beasiswa dalam rangka meningkatkan kompetensi, tentu saja sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku,” sebut Enny.

Enny menyebutkan, pencapaian kinerja dan prestasi kita selama lima tahun ini cukup memuaskan dan menggembirakan kita semua dan mengucapkan terimakasih untuk kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran selama tahun 2014-2019.

“Namun kerja belum selesai, saya mengajak seluruh keluarga besar Kemenkum HAM agar terus berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar setiap jejak langkah kinerja kita semakin nyata dan berdampak luar biasa. Harapan saya, kita semakin solid, semakin adaptif, semakin produktif, semakin inovatif dan kompetitif untuk Kemenkum HAM yang pasti berkelas dunia,” sebutnya.

Hadir di kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto, Kabag Ops Binda Sulbar Kolonel Inf Arman Dahlan, Kakanwil BPN Sulbar Suhendro, Kasrem 142/tatag Letkol Arh Imran, Pasi Ops Lanal Mamuju Kapten Laut Solihin, Kakanwil Kemenag Sulbar M Muflih B Fattah, Kajari Mamuju Ranu Indra, Kepala Ombudsman Perwakilan Sulbar Lukman Umar, Ketau Pengadilan Negeri Mamuju Herianto. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya