Bupati Gayo Lues Resmi Buka Latsar CPNS Dari 5 Kabupaten dan Kota

31 October 2019 21:21
Bupati Gayo Lues Resmi Buka Latsar CPNS Dari 5 Kabupaten dan Kota
Pembukaan Lasdar CPNS Golongan II dan III, pola kemitraan BPSDM Provinsi Aceh dengan BKSDM Gayo Lues, dibuka langsung Bupati Gayo Lues, berlangsung di aula BLK Desa Lempuh, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (Bayu A/Trans89.com)

GAYO LUES, TRANS89.COM – Pembukaan pelatihan dasar (Lasdar) CPNS Golongan II dan III, pola kemitraan Badan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh dengan Badan Kepegawaian dan Penembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gayo Lues, dibuka langsung Bupati Gayo Lues yang dihidiri sekitar 120 orang peserta, berlangsung di aula Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Lempuh, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Kamis (31/10/2019).

Sambutan Kepala BKPSDM Gayo Lues, Sartika Mayasari mengatakan, adapun peserta Latsar CPNS Kabupaten Gayo Lues berjumlah 315 orang, berasal dari Kabupaten Gayo Lues jumlah 204 orang, Kota Langsa 66 orang, Kabupaten Aceh Selatan 26 orang, Kota Sabang 17 orang dan Kabupaten Aceh Tenggara 2 orang.

“Tempat pelaksanaan Latsar CPNS di BLK Desa Lempuh, Pondok Indah Kampung Porang dan Hotel Tawar Dingin Kampung Bustanussalam, Kecamatan Blangkejren Kabupaten Gayo Lues,” kata Sartika.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan Latsar CPNS ini untuk memberikan pengetahuan dasar, pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya agar peserta Latsar melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat untuk melaksanakan tugas dan fungsi pemerintah di fungsi masing-masing.

“Melihat dari banyaknya peserta Latsar dari luar daerah Kabupaten Gayo Lues, menjadi kebanggaan tersendiri untuk Kabupaten Gayo Lues, karena mampu menampung dan menyelenggarakan Latsar sebesar ini. Untuk itu, melalui kesempatan ini, kami mohon kepada Bapak Bupati agar kiranya Pemda memprioritaskan pembangunan sarana Diklat untuk Kabupaten Gayo Lues melalui BKPSDM di tahun mendatang,” tutur Sartika.

Ia menjelaskan, perlu kami terapkan di Kabupaten Gayo Lues tahun 2019 ini telah menjadi pilot project wilayah Provinsi Aceh sebagai kabupaten pertama yang menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Diklat (pendidikan dan latihan) satu pintu.

“Sumber biaya Latsar ini di bebankan kepada DPA BKPSDM Gayo Lues Tahun anggaran 2019 dan 2020. Jadi perlu kami tegaskan kepada seluruh tamu undangan, bahwa tidak ada pemungutan biaya sepersenpun di kegiatan ini dari para peserta CPNS,” jelas Sartika.

Sementara Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru menyampaikan, pagi hari ini kita patut bersyukur atas Allah SWT, karena dengan hidayah dan petunjuknya peserta Latsar CPNS Daerah Kab. Gayo Lues sekarang ini memasuki satu tahapan penting untuk memajukan birokrasi Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues, dan Insyaallah pelatihan ini secara resmi dibuka.

“Latsar CPNS daerah pelaksanaannya dilaksanakan oleh BKPSDM Gayo Lues dengan pola kemitraan BPSDM Aceh. Diera pemerintahan yang sekarang ini, harapan dan tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi sangat besar, yaitu tuntutan profesionalisme, tuntutan kerja yang berkualitas, tuntutan solusi terbaik yang strategi dan aktual sebagai respon,” papar Amru.

Dirinya menyebutkan, Latsar CPNS daerah dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, dengan mengikuti pelatihan ini nantinya setelah diangkat menjadi PNS dan mulai aktif bekerja, ilmu yang didapat pada saat Latsar CPNS ini diimplementasikan dalam menjalankan tugas sehari-hairi.

“Gunakan kesempatan saat mengikuti Latsar CPNS ini seoptimal mungkin dengan bersikap proaktif dengan penuh kedisiplinan serta ketekunan. Manfaatkan setiap waktu dan kesempatan yang tersedia untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh instruktur dan juga mentor di instansi masing-masing,” sebut Amru.

Hadir di kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Gayo Lues Thalib, Asisten III Setda Kabupaten Gayo Lues Bambang Waliyo, Kabagren Polres Gayo Lues Kompol Alijenah, Kasi Pidum Kajari Gayo Lues Ulil Padil, Kabid Pengembangan Aparatur Sipil Negara Gayo Lues Wagimin. (Bayu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya