Bupati Amru Buka Seminar Pengkajian Potensi Zakat, Infaq dan Shadaqah Dalam Pengentasan Kemiskinan di Gayo Lues

30 October 2019 17:45
Bupati Amru Buka Seminar Pengkajian Potensi Zakat, Infaq dan Shadaqah Dalam Pengentasan Kemiskinan di Gayo Lues
Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru membuka seminar pengkajian potensi zakat, infaq san shadaqah, berlangsung di Hotel Nusa Indah, Jalan Blangkejeren-Takengon, Desa Kuta Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (Bayu A/Trans89.com)

GAYO LUES, TRANS89.COM – Bupati Gayo Lues Muhammad Amru membuka seminar pengkajian potensi zakat, infaq san shadaqah, hal itu guna terwujudnya kegunaan dan manfaat dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gayo Lues yang dihadiri sekitar 100 orang peserta, berlangsung di Hotel Nusa Indah, Jalan Blangkejeren-Takengon, Desa Kuta Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Rabu (30/10/2019).

Sambutan Kepala Sekertariat Baitul Mal Gayo Lues, Ramadhan mengatakan, kegiatan ini terlaksana menindaklanjuti Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues, yaitu dalam program kegiatan seminar pengkajian potensi zakat dan infak.

“Adapun peserta yang diundang sebanyak 100 orang, terdiri dari Imam Kampung sebanyak 84 orang, Badan Pelaksana Baitul Mal sebanyak 16 orang. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 hingga 31 Oktober 2019. Pemateri yang kami undang, Direktur Dompet Dhuafa Sumatera Utara (Sumut), Kakankemenag Gayo Lues, MPU Gayo Lues dan Mahkamah Syariah,” kata Ramadhan.

Ia menjelaskan, program yang telah berjalan selama ini, pertama sekali yaitu memberikan bantuan kepada fakir dan miskin untuk terakhir kita berikan bantuan pada tahun 2019 ini sebanyak 700 orang dan untuk miskin sebanyak 1.300 orang, berarti berjumlah fakir dan miskin 2.000 orang.

“Termasuk pemberian bantuan untuk ekonomi produktif yang terletak di tiga titik, pertama di pajak terpadu, pajak kota panjang dan pajak centong yang tujuannya tidak lain adalah untuk memutus mata rantai para rentenir yang pada saat sekarang ini yaitu bergentayangan di pajak-pajak. Jadi pada saat ini kita memberikan pinjaman modal dengan bunga 0% atau tanpa bunga. Tema dalam kegiatan ini adalah terwujudnya kegunaan dan manfaat zakat infaq dan shadaqah dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gayo Lues,” jelas Ramadhan.

Ditepat yang sama, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru menuturkan pengamatannya, pengelolaan zakat dan infaq di Kabupaten Gayo Lues belum sepenuhnya sesuai dengan aturan dan syariat.

“Oleh karenanya, melalui seminar yang dilaksanakan pada hari ini, kiranya kita dapat menambah pengetahuan tentang formula yang baik dan sesuai dengan syariat tentang kegunaan dan manfaat zakat dan infaq,” tutur Amru.

Dirinya berharap kepada peserta agar betul- betul memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk mendapatkan pengetahuan dari narasumber (Narsum) yang nanti akan menyampaikan materi, selanjutnya masukan tersebut dapat dijadikan penyempurnaan dimasa yang akan datang.

“Para peserta seminar yang mengikuti kegiatan ini nantinya merupakan duta yang dapat menularkan pengetahuan kepada masyarakat di kampung masing-masing, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan para Muzzaki yang benar-benar memahami tentang pentingnya mengeluarkan zakat, karena zakat disamping menyucikan harta yang kita miliki, juga sebagai penyubur serta didalamnya juga mengandung pesan sosial yaitu membantu mereka yang membutuhkan,” harap Amru.

Amru juga menaruh harapan kedepan, agar kegiatan ini hendaknya bermakna agar dapat memberikan pengetahuan kepada kita tentang bagaimana pengelolaan zakat dan infaq secara baik dan benar dalam pelaksanaannya.

“Ada orang yang tidak tahu cara membayar zakat dan infaq , ada juga dia tahu tapi tidak mau membayar zakat sehingga dengan adanya kegiatan kegiatan ini, membuat mereka mau membayar zakat dan infaq,” ujar Amru.

Adapun materi yang disampaikan narasumber, program dompet dhuafa. Tata cara pengelolaan zakat. Program Dompet dhuafa dalam pengelolaan zakat produktif. Regulasi pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah dalam pengentasan kemiskinan. Kegunaan dan manfaat zakat, infaq dan shadaqah dalam pengentasan kemiskinan. Efektivitas zakat, infaq dan shadaqah sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi.

Hadir di giat tersebut, Sekda Kabupaten Gayo Lues Thalib, narasumber Direktur Dompet Duafa Sumut Sulaiman, Kakanmenang Gayo Lues Maiyusri, Ketua MPU Gayo Lues Tgk Kasimudin Ghazali, Kepala Mahkamah Syaraiah Gayo Lues Fahru Rahzi. (Bayu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya