Bimtek Kampung Bersinar Berantas Narkoba di Gayo Lues

30 October 2019 23:21
Bimtek Kampung Bersinar Berantas Narkoba di Gayo Lues
Bimtek Kampung Bersinar dengan tema, 'melalui implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2019 kita wujudkan Kampung Bersinar yang bersyariat Islami, mandiri dan sejahtera', dihadiri sekitar 100 orang peserta berlangsung di Desa Sepang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (Bayu A/Trans89.com)

GAYO LUES, TRANS89.COM – Bimbingan teknis (Bimtek) Kampung Bersinar dengan tema, ‘melalui implementasi Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 6 Tahun 2019 kita wujudkan Kampung Bersinar yang bersyariat Islami, mandiri dan sejahtera’, dihadiri sekitar 100 orang peserta berlangsung di Desa Sepang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Rabu (30/10/2019).

Sambuatan Penghulu Kampung Sepang Said Juandi mengatakan, kami melaksanakan kegiatan ini untuk mengembalikan marwah kampung kami yang telah lama di fitnah, karena setiap tahun banyak pemakai maupun pemasok narkoba di kampung kami. Mungkin dengan acara ini harkat dan martabat kampung kami bisa terangkat kembali.

“Kami melaksanakan acara seperti ini sangat luar biasa semenjak bapak bupati di jabat Muhammad Amru, Insyallah sudah melangkahkan kaki di kampung Sepang. Perangkat Desa Sepang mencatat 50 orang masyarakat yang harus di tes uriennya, setelah acara ini selesai. Kami juga sudah melakukan peraturan kampung, dimana apabila masyarakat di Kampung Sepang ini terbukti memakai narkoba, akan kami keluarkan dari kampung kami,” katanya.

Sambutan Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru menyampaikan, Desa Sepang ini banyak kasus yang terjadi penggunaan narkoba maupun pengedar. Jadi hari ini untuk mensterilkan itu, maka kita buat acara seperti ini.

“Saya berharap kepada para perangkat desa harus aktif dan saya setuju dengan apa yang disampaikan Penghulu Kampung Sepang. Dengan adanya peraturan desa (Perdes) yang telah dibuat, akan membuat masyarakat Kampung Sepang ini terhindar dari narkoba,” papar Amru.

Ia mengharapkan, kita akan menjadi tangkal dan menanggkal bagi perdaran narkoba.

“Mari kita sama-sama memberi sinergi khususnya kepada orang tua maupun perangkat desa kepada anak-anak kita, jangan sampai anak -anak kita terkena narkoba,” tutur Amru.

Sambutan BNNP Aceh, Brigjen Pol Faisal Abdul Nasir menjelaskan, Aceh ini merupakan pemasokan narkotika terbanyak lewat dari pantai jalur tikus yang ada di Provinsi Aceh, dan ada juga jaringan narkotika lewat dari narapidana yang ada di Lapas.

“Jalur yang dipakai oleh jaring narkotika kebanyakan dari Provinsi Aceh, karena lebih dekat dari Negara Malaysia. Ada seorang tahanan yang sudah di hukum mati dan sampai sekarang tidak mati-mati,” jelas Faisal.

Dirinya menyebut, sabu yang jual di Aceh ini sabu yang sudah di oplos, paling murah di dunia, tidak ada Sabu yang dijual Rp50 rbu. Biasanya sabu yang memang benar-benar bagus itu dijual seharga Rp500 ribu. Makanya di Indonesia banyak pemakai yang sering sakit, dikarenakan itu Sabu yang dijual di Indonesia itu adalah oplosan.

“Ini yang harus kita basmi dan mengejar para pengedar narkoba, karena sudah membuat masyarakat Indonesia sakit. Untuk itu kami tidak segan-segan apabila terdapat pengedar yang ada di Kabupaten Gayo Lues akan kami kejar dan kami binasakan,” sebut Faisal.

Faisal juga mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena sekarang ini pemakai sudah hampir 5.000 orang yang sudah di tangkap.

“Saya tidak mau para pengedar dan pemakai berada di Kabupaten Gayo Lues. Apabila pemerintah maupun perangkat desa yang melihat diharapkan usir mereka dan laporkan segera kepada aparat keamanan wilayah Kabupaten Gayo Lues,” ujar Faisal.

Hadir dikegiatan tersebut, Kepala BNN Povinsi Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, Kepala BNNK Gayo Lues Fauzil Liman, Kepala Desa Sepang Said Juandi, Kasi Rehabilitasi BNNK Gayo Lues Sentosa Abadi, Penghulu Kampung Sepang, Danramil 03/BL Kapten Inf Fajrul Anwar, Kapolsek Blangkejeren Iptu Suandi. (Bayu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya