PP GAM Sumut Unjuk Rasa di Kantor Perkim PR Medan dan Kejati Terkait Pembangunan SDN 066050 Kutilang

29 October 2019 01:11
PP GAM Sumut Unjuk Rasa di Kantor Perkim PR Medan dan Kejati Terkait Pembangunan SDN 066050 Kutilang
Aksi Pengurus Pusat (PP) Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (GAM Sumut), berlangsung di kantor Perkim PR Kota Medan dan Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Kota Medan. (Rikki/Trans89.com)

MEDAN, TRANS89.COM – Aksi unjuk rasa Pengurus Pusat (PP) Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (GAM Sumut), diikuti sekitar 20 orang peserta aksi dipimpin Sadar Halomoan Daulay, berlangsung di kantor Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (Perkim PR) Kota Medan dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, Jalan AH Nasution, Kota Medan, Senin (28/10/2019).

Massa aksi membawa poster bertuliskan, kami harap bapak Kadis Benni Iskandar agar mengundurkan diri dari jabatannya. Bapak Kejaksaan jangan menutup mata terhadap koruptor terkhususnya di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang Kota Medan. Segera seret Kepala Dinas, PPK dan bendahara Perkim PR Kota Medan karena hukum. Panggil dan periksa Kadis, PPK dan bendahara terkait pelaksanaan pekerjaan rehabilitas sedang dan berat gedung sekolah SDN 066050. Bapak Kepala Kejaksaan segera menyelidiki Kepala Dinas Perkim PR Kota Medan.

Tuntutan massa aksi, Sadar Halomoan Daulay mengatakan, Kepala Dinas Perkim PR, PPK dan Bendahara Kota Medan, agar mengundurkan diri secara terhormat dengan alasan banyak anggaran yang diberikan pemerintah pusat Cq pemerintah Kota Medan, baik yang bersumber dari APBN dan APBD Tahun 2018-2019, namun sesuai hasil investigasi di lapangan dalam pengelolaan anggaran tersebut kami duga menuai syarat KKN.

“Bapak Kajati Sumut agar melakukan penyelidikan atau penyidikan kepada Kepala Dinas Perkim PR, PPK dan Bendahara Kota Medan, terkait pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi sedang dan berat gedung sekolah SDN 066050 Jalan Kutilang 1, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, diduga tidak sesuai dengan ketentuan kontrak yang di sepakati antara kuasa pengguna anggaran dan penyedia jasa, sehingga kami sangat meyakini adanya pembuatan curang ataupun melanggar hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta pemborosan terhadap uang negara Cq Pemerintah Kota (Pemkot) Medan. Pemkot Medan pada Tahun 2018 menganggarkan di Dinas Perkim dan PR Kota Medan dengan program pekerjaan rehabilitas sedang dan berat gedung sekolah SDN 066050 Jalan Kutilang 1, Kecamatan Medan Denai dengan sumber dana APBD Kota Medan Tahun 2018,” kata Sadar.

Massa aksi diterima Humas Dinas Perkim PR Kota Medan, Masa Simatupang menyampaikan, aspirasi aksi pengunjuk rasa diterima, namun seharusnya tadi yang menerima aspirasi adik-adik adalah Pak Kadis.

“Namun setelah upacara tadi, beliau (Kadis) dipanggil oleh Pelaksanatugas (Plt) Walikota Medan. Terkait pembangunan Sekolah SDN 066050 Jalan Kutilang 1, Kecamatan Medan Denai telah selesai dikerjakan. Kalau jawaban balasan suarat dari aliansi PP GAM Sumut akan kami balas dalam minggu ini dengan mengirimkan sesuai alamat kantor PP GAM Sumut,” papar Masa.

Pengunjuk rasa kemudian menuju kantor Kejati Sumut dan melakukan orasi serta membentangkan poster.

Mass aksi diterima Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian menyebutkan, aspirasi massa aksi diterima.

“Akan tetapi ini bukti permulaan, maka kami mengharapkan agar dikirim secara resmi bukti-bukti pendukung lainnya, sehingga Kejatisu dapat menindaklanjutinya,” sebut Sumanggar. (Rikki/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya