Pimprov KSN Unjuk Rasa Depan Kantor Disnaker Sulsel, Tuntut Upah Minimum Nasional

29 October 2019 21:46
Pimprov KSN Unjuk Rasa Depan Kantor Disnaker Sulsel, Tuntut Upah Minimum Nasional
Aksi Pimpinan Provinsi Konfederasi Serikat Nusantara (Pimprov KSN) terkait upah minimum nasional (UMN), berlangsung depan kantor Disnaker Sulsel, Jalan Perintis Km 13, Kota Makassar. (Slamet Untung Imam Santoso/Trans89.com)

MAKASSAR, TRANS89.COM – Aksi unjuk rasa Pimpinan Provinsi Konfederasi Serikat Nusantara (Pimprov KSN) diikuti sekitar 100 orang peserta aksi dipimpin Eros terkait upah minimum nasional (UMN) Rp4.500.000 perbulan, berlangsung depan kantor Dinas Tenagakerja (Disnaker) Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Kilometer (Km) 13, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (29/10/2019).

Massa aksi mennguna mobil pick up dengan Nomor polisi (Nopol) DD 8563 RJ sebagai panggung orasi.

Tuntutan massa aksi, Eros mengatakan, UMN adalah bentuk kesetiaan kita terhadap pelaksanaan Pancasila yakni terlaksananya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya dikalangan buruh Indonesia dimanapun berada.

“UMN memastikan tidak akan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat relokasi pabrik, dimna para pengusaha selalu mengancam akan pindahkan pabriknya jika upah dinaikan tidak sesuai dengan keinginannya yakni upah yang paling murah,” kata Eros.

Menurutnya, UMN bisa meminimalisir terjadinya urbanisasi, karena upahnya setara dan adil dengan daerah atau kota lainnya. Jika urbanisasi tetap saja terjadi, maka pertumbuhan ekonomi dan keadilan sosial menjadi tidak jelas, dan ujungnya masyarakat yang disalahkan, padahal yang bertanggungjawab atas keadilan sosial adalah pemerintah.

“UMN juga menjadi jawaban atas terpecah-pecahnya gerakan buruh Indonesia setiap momentum penetapan upah. Ini sangat penting bagi gerakan buruh Indonesia melawan sistem politik upah murah, menyatu dengan satu suara menuntut kepada pemerintah yang diberi mandat oleh rakyat dalam pemilihan presiden dan wakil presiden,” tutur Eros.

Massa aksi diterima Kepala Seksi Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Disnaker Sulsel, Giawan Lussa menyampaikan, akan melaporkan tuntutan para pengunjukrasa kepada pimpinan.

“Untuk tuntutan para pengunjukrasa sudah disampaikan kepada Bapak Gubernur dan tinggal menunggu keputusan dari Bapak Gubernur,” paparnya. (Santoso/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya