Aktivis Eksponen Perjuangan Rakyat Mamasa Gelar Diskusi Komitmen Berantas Money Politik

28 October 2019 23:04
Aktivis Eksponen Perjuangan Rakyat Mamasa Gelar Diskusi Komitmen Berantas Money Politik
Aktivis Eksponen Perjuangan Rakyat Mamasa (AEPRM) kembali menggelar diskusi Komitmen Berantas Money Politik di area obyek wisata Sarambu Liawan, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulbar. (Andi Waris Tala/Trans89.com)

MAMASA, TRANS89.COM – Setelah menggelar diskusi di kota Mamasa, Aktivis Eksponen Perjuangan Rakyat Mamasa (AEPRM) kembali menggelar pertemuan di area obyek wisata Sarambu Liawan, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (28/10/19).

Dsikusi AEPRM kali ini digelar di obyek wisata Sarambu Liawan kali ini menggagas tentang bahaya money politik (politik uang) terhadap pembangunan Kabupaten Mamasa dalam berbagai event politik mulai pemiihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan legislatif (Pileg) hingga proses politik pemilihan kepal daerah (Pilkades).

AEPRM melibatkan tokoh-tokoh pejuang pembentukan Kabupaten mamasa, mahasiswa, media, LSM kalangan rohaniawan dan masyarakat Kabupaten Mamasa.

Menurut moderatur diskusi AEPRM, Muspida Mandadung menilai money politik merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup masyarakat umum. Hal ini terungkap dalam pertemuan segenap AEPRM.

Ketika seorang pemimpin lahir dari proses politik bersih tanpa mahar, maka pembangunan di tengah-tengah masyarakat Mamasa akan nampak dan dirasakan sepenuhnya oleh rakyat. Sebaliknya, jika pemimpin itu lahir dari proses politik yang tidak benar, maka kebijakan yang dilahirkan tidak benar pula,” ujar Muspida.

Sementara mantan Anggota DPRD Mamasa, Daniel Pundu mengatakan, Kabupaten Mamasa ini terbentuk menjadi kabupaten eks kewedanaan dengan berbagai pengorbanan, sehingga AEPRM mengajak seluruh rakyat Kabupaten Mamasa agar kedepan, seluruh masyarakat Kabupaten Mamasa benar-benar berpikir dan menjadi pemilih cerdas.

“Pemimpin yang dihasilkan menjadi pemimpin yang cerdas pula. Untuk itu, saya mengajak segenap masyarakat Mamasa segera bertaubat untuk Mamasa yang lebih baik,” kata Daniel.

Dari unsur rohaniawan, Pendeta Panggalo yang bergabung dalam wadah AEPRM menjelaskan, jika Kabupaten Mamasa ini mau dibebaskan dari praktek money politik, sebaiknya dimulai dari diri kita sendiri. Tingkat Keimanan seseorang menjadi tolak ukur tingkat perilaku orang itu sendiri.

“Jika iman kita percaya bahwa proses politik uang itu dapat merusak tatanan di tengah-tengah masyarakat, maka sebaiknya proses seperti itu segera di hentikan,” jelas Panggalo.

Selain membahas tentang metode pencegahan dan pemberantasan money politik, diskusi AEPRM juga membahas beberapa hal penting seperti kasus kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (Kg), pelayanan PDAM Mamasa, kasus dugaan pungutan liar (Pungli), Sertifikat Prona, serta alasan Pemda Mamas tidak melaksanakan seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019.

Ke empat poin tambahan itu merupakan rekomendasi yang mengerucut dalam diskusi tersebut.

Selaku tuan rumah diskusi AEPRM, Constantinus Claver mengungkapkan, keempat poin penting tersebut merupakan aspirasi yang sedang ramai diperbincangkan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Mamasa saat ini.

“Olehnya itu, selaku AEPRM beberapa hari bersama segenap aktivis lainnya akan mendatangi instansi terkait mempertanyakan empat poin penting diatas. Kehadiran AEPRM dimungkinkan menjadi kontrol sosial terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dari segala hal seperti kolisi, korupsi dan nepotisme (KKN),” ungkap Constantinus.

Constantinus yang juga mantan Anggota DPRD Mamasa ini menyebutkan, hal ini disampaikan sebab jangan sampai ada yang salah presepsi bahwa kehadiran AEPRM ini untuk melawan pemerintah.

“Kehadiran kami (AEPRM) untuk menjadi mitra pemerintah demi terwujudnya cita-cita perjuangan pembentukan Kabupaten Mamasa. Selanjutnya AEPRM dalam menghadapi Pilkada Mamasa 2024 mendatang, segenap pengurus dan anggota akan aktif melakukan pertemuan di 168 desa, 17 kecamatan se-Kabupaten Mamasa,” sebut Constantinus. (AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya