Polda Gelar Doa Bersama TNI/Polri dan ASN Untuk Kedamaian Sulbar Serta NKRI

14 October 2019 15:27
Polda Gelar Doa Bersama TNI/Polri dan ASN Untuk Kedamaian Sulbar Serta NKRI
Polda Sulbar menggelar doa bersama TNI, Polri dan ASN untuk kedamaian dan keamanan Sulbar serta NKRI, berlangsung di Mapolda Sulbar Jalan Aiptu Norman, Mamunyu, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Polda Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar doa bersama TNI, Polri dan ASN untuk kedamaian dan keamanan Sulbar serta NKRI di hadiri sekitar 1.000 orang peserta, berlangsung di Mapolda Sulbar Jalan Aiptu Norman, Mamunyu, Kabupaten Mamuju, Senin (14/10/2019).

Sambutan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan, acara doa bersama TNI Polri dan ASN Provinsi Sulbar ini untuk kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat Sulbar, karena situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Sulbar secara umum aman dan kondusif. Bersama pemerintah, TNI/Polri solid dan mau untuk saling bersama masyarakat dalam menjaga kamtibmas agar tetap kondusif,” kata Kapolda.

Menurutnya, Polri sebagai institusi yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban sangatlah membutuhkan peran serta dari stakeholder terkait dan masyarakat pada umumnya.

“Potensi-potensi gangguan kamtibmas dan menangani setiap potensi gangguan tersebut agar tidak sampai meresahkan dan mengganggu kehidupan masyarakat,” tutur Brigjen Pol Baharuddin.

Ditempat yang sama, Sekprov Sulbar Muh Idris menyampaikan, doa bersama antara TNI/Polri dalam rangka keutuhan NKRI adalah suatu bentuk sinergitas.

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Polri dan TNI di wilayah Provinsi Sulbar yang telah mengambil inisiatif untuk membangun kolaborasi dan koordinasi regional Provinsi Sulbar dalam rangka untuk membangun kedamaian NKRI,” papar Idris.

Ia menyebutkan, bangsa kita ini adalah bangsa yang besar, bangsa yang berpenduduk 260 juta lebih, 180 pulau-pulau dan berbagai bahasa suku bangsa yang menyatukan kita semua.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, semua anak bangsa termasuk hari ini melaksanakan doa bersama untuk kemaslahatan negara kita tercinta. Saya apresiasi penghargaan kepada seluruh yang hadir dalam doa bersama dalam rangka kedamaian NKRI dan menjelang pelantikan Presiden Jokowi dan wakil Presiden Maruf Amin,” sebut Idris.

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar, Mufli B Fatta mengucapkan, doa bersama sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing, berkumpul untuk terjaga stabilitas nasional dan stabilitas daerah.

“Selain menjadi umat yang beragama, juga bagaimana menjadi umat yang berada di tengah-tengah sebagaimana yang disebutkan dalam Agama,” ucap Mufli.

Dirinya menjelaskan, sda tiga cara yang dilakukan oleh Kemenag, pertama adalah moderasi beragama, kedua moderasi dasar adalah berada di tengah-tengah, artinya tidak berada di sisi kanan ataupun kiri, karena keduanya sangat berbahaya kalau itu yang berjalan di negara kita yang tercinta.

“Paham kiri dan kanan harus juga diwaspadai liberal otak dan rasional. Menjaga kebersamaan antar umat beragama dan seluruh rakyat Indonesia demi stabilitas dan kemananan negara kita tercinta,” jelas Mufli.

Mufli mengungkapkan, seluruh ASN, mari bersama kita jaga NKRI, jangan sampai ada yang terlibat dalam kelompok-kelompok radikal atau paham-paham yang akan mengganggu stabilitas daerah dan bangsa kita tercinta.

“Moderasi dasar telah mengawal Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD), Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Sebagai umat beragama, ini yang harus kita lakukan mengawal NKRI, apalagi dalam waktu dekat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi dan Ma’ruf Amin,” ungkapnya.

Doa bersama dipandu Muhammad Suaib, dan hadir di kegiatan tersebut, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto, Kabinda Sulbar Susetyo Karyadi, Ketua DPRD Sulbar Siti Suraida Suhardi, Buapti Mamuju Habsi Wahid, Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf Suyitno, Kapolres Mamuju AKBP Muh Rivai Arvan, Pjs Danlanal Mamuju Letkol Laut (P) Adi Wirasmo, Raja Mamuju Andi Maksum Dai serta tamu undangan lainnya. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya