Proyek Peningkatan Jalan di Mamasa Rp16 Miliar di Sorot, Firman: Terindikasi Siluman Tanpa Melalui Musrenbang

11 October 2019 16:44
Proyek Peningkatan Jalan di Mamasa Rp16 Miliar di Sorot, Firman: Terindikasi Siluman Tanpa Melalui Musrenbang
Ilustrasi proyek jalan. (Ist)

MAMASA, TRANS89.COM – Proses penganggaran sebuah kegiatan kontruksi dalam bentuk proyek di lingkup pemerintah, tentu harus melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) desa, kecamatan hingga kabupaten. Namun tahapan tersebut rupanya hanya formalitas belaka saat proses tender akan di mulai.

Contohnya, di tahun anggaran 2016, ada beberapa titik mega proyek peningkatan jalan yang ditemukan oleh Tim Jurnalis Online Indonesia (Join) DPD Mamasa saat lakukan investigasi di wilayah kecamatan Tabang, Nosu dan Pana di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).

Beberapa titik kegiatan pengerjaan fisik infrastruktu yang tidak di sertai papan proyek, seperti peningkatan jalan Mawai-Kalau’-Pangngaso, peningkatan jalan Pana’-Ulusalu, serta peningkatan jalan Tabang-Ratte.

Adapun besarnya anggaran proyek peningkatan ketiga ruas jalan tersebut sekitar Rp16 miliar lebih. Peningkatan jalan Mawar-Kalama’-Mangngaso dikerjakan PT Apro Megatama sesuai nilai kontrak Rp4.529.717.000, peningkatan jalan Pana’-Ulusalu oleh PT Karya Tallu Bulinna sebesar Rp7.124.970.000, serta peningkatan jalan Tabang-Ratte dilaksanakan PT Kesra Taksal Mamasa sebesar Rp4.550.500.000.

Dari tiga proyek pembanguna infrastruktur itu, staf Banggar (Bagian Anggaran) DPRD Mamasa yang minta identitasnya tidak disebut, kegiatan proyek peningkatan jalan yang menelan anggaran miliaran rupiah itu tidak tercatat di Banggar.

“Setahu kami, kegiatan tersebut tidak pernah di bahas dalam Paripurna melalui persetujuan DPRD dengan pihak kesekutif Mamasa,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PU yang hendak dikonfirmasi sekaitan dengan kegiatan tersebut tidak berada ditempat.

“Pak Kadis lagi di Bali,” ujar salah seorang staf Dinas PU Mamasa baru-baru ini.

Selain Kepala Dinas (Kadis), Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pelaporan Dinas PU Mamasa Tonglo, juga tidak berada di kantornya.

“Di sana Kabid juga sedang mengikuti Latpim di Bali,” sebut staf Dinas PUPR.

Kabid Perencanaan dan Pelaporan PUPR Mamasa, Tonglo saat dihubungi via WA mengatakan, untuk menjawab hal tersebut silahkan temui PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dari kegiatan itu.

“Maaf, saya tidak punya data soal itu, silahkan temui PPK-nya,” tulis Tonglo via WA.

Dari hasil investigasi DPD Join Mamasa di tiga Kecamatan, beberapa warga menuturkan, proyek peningkatan jalan ini patut di syukuri, namun disisi lain, kualitas pekerjaan peningkatan jalan di dua kecamatan, yakni kecamatan Pana’ dan Tabang juga patut di pertanyakan, sebab kondisi jalan saat musim hujan sangat memperihatinkan.

“Jika hujan turun, jalan ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan dobel handel jenis Hartop,” tuturnya.

Terpisah, Ketua LSM Lembaga Penyalur Aspirasi (LPA) Mamasa Andi Firman menyampaikan hal senada.

“Iya, apa yang ditemukan Joinitu menjadi temuan kami juga,” papar Firman, Kamis (10/10/2019).

Firman mengungkapkan, selaku Ketua LPA Mamasa, dirinya telah bersurat kepada pihak terkait yakni Dinas PUPR agar secara terbuka memperlihatkan dokumen kegiatan yang dimaksud.

“Hal itu dimaksudkan agar masyarakat tidak beranggapan bahwa proyek tersebut siluman, alias muncul tanpa diusulkan melalui Musrenbang,” ungkap Firman.

Firman membeberkan, jika kegiatan tersebut terbukti penganggarannya idak melalui prosedur, maka pihaknya (LPA) tidak tinggal diam.

“Ketika proyek itu terindikasi siluman karena tanpa melalui Musrenbang, maka pihak LPA segera mengambil upayah hukum terhadap kegiatan ini, karena diduga sarat dengan mark up yang berpotensi merugikan masyarakat dan daerah,” beber Firman.

Firman mengharapkan, agar Dinas PUPR Mamasa melalui pihak terkait dalam kegiatan ini dapat memberi jawaban agar semuanya jelas.

“Jika pihak PUPR Mamasa tidak dapat memberi jawaban yang masuk akal, maka kami LPA akan membawa masalah ini ke Pihak terkait, yakni Kepolisian dan Kejaksaan,” imbuh Firman. (AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya