Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah di Bumi Perkemahan TPB Margarana Tabanan

11 October 2019 05:06
Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah di Bumi Perkemahan TPB Margarana Tabanan
Pembukaan jambore Indonesia bersih dan bebas sampah ke-4 Tahun 2019, berlangsung di bumi perkemahan TPB Margarana, Br Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. (Riski/Trans89.com)

TABANAN, TRANS89.COM – Pembukaan jambore Indonesia bersih dan bebas sampah ke-4 Tahun 2019 dengan tema, ‘membangun sinergi dan kolaborasi lintas sektoral untuk berkelanjutan pengelolaan sampah di Indonesia’, dihadiri sekitar 400 orang peserta, berlangsung di bumi perkemahan Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Br Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (10/10/2019).

Sambutan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan selamat datang kepada seluruh adik-adik pencinta lingkungan hidup lewat jambore, karena Tabanan ini merupakan lumbung padi dan kita sekarang di Kabupaten Tabanan sedang gencar-gencarnya bergerak di bidang sektor pertanian dan kita sudah memiliki 9 produk dari sektor pertanian.

“Saya bersyukur, Kabupaten Tabanan di jadikan kegiatan jambore Indonesia bersih sampah dan Kabupaten Tabanan sedang gencar-gencarnya memerangi sampah dari masyarakat dan setelah sampah ini terkumpul, kita olah di Perusda sebagai badan pengolah sampai, sehingga terjadi produk yang dapat di gunakan kembali. Maka kita juga sudah membuka mini market sampah, semua pembarana lewat sampah dan kita juga akan membuka bank-bank sampah, karena sampah ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita semua,” ucap Ni Putu.

Sambutan Gubernur Bali sekaligus membuka jambore Indonesia diwakili Asisten III Setrprov Bali, Wayan Suarjana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan sebagai usaha jangka panjang yang menjadi wadah berkampanye seluruh penggerak yang peduli terhadap persoalan sampah di Indonesia, demi tercapainya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

“Jambore ini merupakan kegiatan ke-4 pada tahun ini. Peserta yang akan ikut dari berbagai daerah di Indonesia dalam pelaksanaan jambore dan perlu di ketahui kegiatan bersih sampah merupakan program dari Gubernur Bali, sehingga Bali terhindar dari pencemaran sampah,” kata Suarjana.

Sambutan istri Menteri Koperasi dan UKM RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, kegiatan jambore Indonesia bersih dan bebas sampah yang di selenggarakan pada saat ini, kami di selalu wase kabinet kerja sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sampah sangat merupakan malapetaka bagi kehidupan masyarakat.

“Di samping di bidang sampah, kami juga bergerak di bidang penghijauan, dan kita juga bentuk bedah kampung seperti di Jayapura sudah kami bentuk di sana. Sekali lagi, saya sangat mengapresiasi, semoga kegiatan jambore ini dapat berjalan dengan baik,” papar Ayu.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Prasetyo megucapkan terima kasih kepada Bupati Tabanan, di mana kegiatan ini sangat mendapat apresiasi, dan perlu di ketahui tanggal 30 Oktober 2019 merupakan hari bersih sampah sedunia, dimana kegiatan ini khusus di Menteri PUPR sudah banyak membentuk tempat-tempat pengolahan sampah bekerjasama dengan provinsi dan kabupaten/kota untuk memerangi sampah, karena sampah ini sangat membahayakan masyarakat.

“Kedepan, kita akan lebih mengapresiasi kegiatan jambore, itu semata demi keberhasilan di bidang penanggulangan sampah. Saya yakin, kegiatan ini sangat positif dan tempat berkumpulnya semua komonitas yang ada di berbagai daerah yang ada di Indonesia pada umumnya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang terlibat pada acara ini, semoga kegiatan jambore Indonesia bersih dan bebas sampah dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan dari pemerintah pusat maupun kabupaten/kota yang ada di Bali,” ujar Prasetyo.

Selanjutnya pemukulan gong sebagai bentuk tanda di bukanya kegiatan jambore dan di lanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima kunci alat berupa penghancur sampah dari Cipta Karya Kementerian PUPR. (Riski/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya