Hari Persatuan Gerak Bhayangkari, Polda Sulbar Gelar Talkswoh

09 October 2019 16:56
Hari Persatuan Gerak Bhayangkari, Polda Sulbar Gelar Talkswoh
Hari Persatuan Gerak Bhayangkari ke-67 tahun 2019 dikemas dalam talk show, berlangsung di Lantai II Aula Mapolda Sulbar, Jalan Aiptu Norman, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Hari Persatuan Gerak Bhayangkari ke-67 tahun 2019 dengan tema, ‘ceramah kesehatan penyakit kanker, jantung dan pola hidup sehat’, yang dikemas dalam talkshow tersebut di ikuti sekitar 100 orang gabungan dari Ibu Persit, Jala Senastri, Pia Arya Garini dan Ibu Bhayangkari, berlangsung di Lantai II Aula Mapolda Sulawesi Barat (Sulbar), Jalan Aiptu Norman, Kabupaten Mamuju, Rabu (9/10/2019).

Narasumber dalam kegiatan tersebut, Yusri Yusran A (Fiha) dihadiri Kapolda Sulbar Brigjen Pol Naharuddin Djafar, Ketua Bhayangkari Polda Sulbar, Wakil Ketua Persit Koorcab Korem 142/Tatag, Wakil Ketua Jala Senastri Lanal Mamuju, Ibu Ketua Pia Arya Garini.

Sambutan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan,perlunya kita menjaga pola hidup sehat serta makanan sehat, hindari makanan yang yang memicu tekanan darah tinggi.

“Saya menganjurkan kepada anggota Polda Sulbar agar bersantailah dalam artian hilangkan stres sebisa mungkin, temukan cara untuk meredam stres yang tidak bisa dihindarkan dengan cara olahraga, meditasi, dan curhatlah pada orang yang anda percaya,” kata Kapolda.

Menurutnya, saat ini banyak anggota Polda Sulbar sendiri yang tidak menjaga berat badan, karena itu salah satu rentannya terkena jantung dan hipertensi, sebab menurunkan berat badan anda ke tingkatan yang sehat adalah nilai plus untuk jantung anda.

“Perbaiki apa yang anda makan. Tambahkan buah-buahan, sayuran, protein, dan biji-bijian. Kurangi makanan bergaram, berlemak jahat tinggi, atau yang digoreng. Buat menu olahraga, untuk jantung anda. Anda harus memiliki kebiasaan agar tetap aktif, hindari miras dan merokok, batasi alkohol,” tutur Brigjen Pol Baharuddin.

Penjelasan narasumber, Yusri Yusran menyampaikan, lakukanlah hal-hal untuk menghindari hipertensi, yang dapat menjadi salah satu penyebab gagal jantung tersebut.

“Kurangi garam, lemak, dan gula. Perbanyak asupan kalium dari pisang, sayur bayam, jeruk, alpukat, yogurt, dan air kelapa. Berolahraga dengan teratur, turunkan berat badan berlebih, kurangi atau hindari alkohol. berhenti merokok, kendalikan stres dan periksa tekanan darah secara rutin. Dengan menerapkan tindakan pencegahan hipertensi yang tadi saya sebutkan, maka anda juga mengurangi risiko terkena beberapa gangguan medis lain seperti serangan jantung, penyempitan pembuluh darah pada organ ginjal dan mata,” jelas Yusri.

Dilanjutkan sesi tanya jawab kepada peserta talkshow. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya