Dinsos Kerjasama BPJS Cabang Pasangkayu Gelar Sosialisasi Kepesertaan Ketenagakerjaan Non PNS

09 October 2019 20:39
Dinsos Kerjasama BPJS Cabang Pasangkayu Gelar Sosialisasi Kepesertaan Ketenagakerjaan Non PNS
Kepala Dinsosi Pasangkayu, Jamal di dampingi Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pasangkayu, Nelwin saat membuka acara sosialisasi program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan non PNS, berlangsung di Aula kantor Dinsos Pasangkayu. (Andis/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Pasangkayu bekerjasama dengan BPJS Cabang Pasangkayu menggelar sosialisasi program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kontrak lingkup Dinsos yang berlangsung di Aula kantor Dinsos Pasangkayu, Rabu (9/10/2019).

Kepala Dinsos Pasangkyu, Jamal mengatakan, sosialisasi ini tidaklah lain hanya untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi tenaga sosial yang berstatus kontrak yang ada di Dinsos, karena bekerja sebagai pendampingan sosial diperlukan adanya jaminan sosial.

“Melalui program ini, setiap tenaga pendamping diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup layak bilamana terjadi hal-hal yang mengakibatkan hilangnya atau berkurangnya pendapatan pekerja akibat sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan dan pensiun,” kata Jamal di depan puluhan tenaga kontrak pendampingan sosial.

Menurutnya, ini juga merupakan upaya Pemda Kabupaten Pasangkayu memberikan kepastian perlindungan bagi tenaga non PNS (pegawai negeri sipil), berdasarkan peraturan yang ada dengan melalui program BPJS Ketenagakerjaan tanpa terkecuali secara bertahap.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat meningkatkan kinerja PNS dan non PNS dalam pelaksanaan tugas sebagai pendamping sosial di masyarakat,” tutur Jamal.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga diharapkan terciptanya rasa aman dalam melaksanakan tugas dalam resiko terjadinya kasus kecelakaan kerja maupun meninggal dunia serta terpenuhinya unsur-unsur dalam sistem perlindungan jaminan sosial bagi pegawai pemerintah non PNS.

“Saya berharap peserta menyimak materi dengan baik, sehingga dapat disampaikan kepada teman-temannya yang tidak sempat hadir. Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kalian karena menyangkut hak dan kewajiban kalian dalam jaminan sosial,” Jea Jamal.

Sementara Kepala Cabang BPJS Pasangkayu, Nelwin menyampaikan, jika sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Hadirnya BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja berupa kecelakaan kerja dan jaminan hari tua,” paparnya.

Nelwin menambahkan, pelaksanaan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai pemerintah non PNS lingkup Dinsos diikutkan dalam dua program, yakni program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Kegiatan ini sangat strategis bagi Pemda Pasangkayu dalam memberikan perhatian kepada tenaga kerja non PNS yang bekerja di Pemda maupun diperusahaan. Mudah-mudahan kedepannya, program tersebut dapat ditingkatkan kepesertaannya,” tambahnya. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya