Bimtek Dirangkai Sosialisasi Bios 44 di TMMD Kodim 0306/50 Kota

08 October 2019 21:35
Bimtek Dirangkai Sosialisasi Bios 44 di TMMD Kodim 0306/50 Kota
Sosialisasi dan Bimtek merupakan rangkaian program non fisik TMMD ke-106 di wilayah Kodim 0306/50 Kota di Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. (Hendro Wijaya/Trans89.com)

LIMA PULUH KOTA, TRANS89.COM –┬áKepala Seksi (Kasi) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Lima Puluh Kota, Zuharmin sebagai ketua panitia dalam pelaksanaan sosialisasi dan bimbangan teknis (Bimtek).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di wilayah Kodim 0306/50 Kota di Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (8/10/2019).

Dalam kegiatan Bimtek tentang pengolahan biji kopi mejadi berkualitas tinggi terhadap kelompok tani Talang Nagari Situjuah Ladang laweh berlangsung di aula Kantor Wali Nagari Situjuh Ladang laweh, dan selaku nara sumber (Narsum) dari Poli Teknik Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, Nin Patri Enati.

Penyuluhan kepada kelompok tani berjumlah 35 orang warga Nagari Situjuah Ladang Laweh tentang teknologi pengolahan buah kopi yang berkualitas untuk meningkatkan perekonomian petani, pengusaha kopi di wilayah Situjuh.

“Hasil olahan kopi nantinya bisa di jadikan kopi bubuk murni, kopi tri in one, kopi capucino, kopi mocca,” ujar Nin.

Ditempat yang sama Babinsa Babinsa Situjuah Lima Nagari Koramil 04/Luhak, Serma Wahidi dan Sertu Junaidi juga memberikan penyuluhan tentang pengolahan lahan untuk meningkatkan PH tanah dengan menggunakan Bios 44 yang telah teruji kualitasnya.

“Bios 44 merupakan bahan yang mampu mengurai mikro organisme menjadi bahan pupuk. Bios 44 merupakan perpaduan beberapa mikro organisme yang disatukan dan memiliki banyak manfaat dibidang pertanian, perikanan dan bahkan bermanfaat dibidang peternakan,” ujar Seram Wahidi.

Selain itu, lanjut Seram Wahidi, Biso 44 ini tidak berbahaya bagi tumbuhan, hewan maupun manusia.

“Sosialisasi ini diharapkan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Situjuah dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lima Puluh Kota,” imbuh Serma Wahidi. (Hendro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya