Upacara Peringatan HUT TNI Ke-74 di Gorontalo

06 October 2019 02:22
Upacara Peringatan HUT TNI Ke-74 di Gorontalo
Pelaksanaan upacara memperingati HUT TNI Ke 74 tahun 2019 di Provinsi Gorontalo dengan Irup Danrem 133/NWB Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dengan tema, 'TNI profesional kebanggan rakyat', berlangsung di lapangan sport center David Tony Limboto, Kayubulan, Kabupaten Gorontalo. (Rian Cakra/Trans89.com)
.

GORONTALO, TRANS89.COM – Pelaksanaan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke 74 tahun 2019 di Provinsi Gorontalo dengan Inspektur Upacara (Irup) Danrem 133/Nani Wartabone (NWB) Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw dengan tema, ‘TNI profesional kebanggan rakyat’, di hadiri sekitar 2500 orang peserta upacar, berlangsung di lapangan sport center David Tony Limboto, Kayubulan, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/10/2019).

Amanat Panglima TNI di bacakan Irup Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengatakan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa (TYME), Allah SWT, atas segala limpahan karunia-Nya, sehingga kita dapat menyelenggarakan upacara memperingati HUT ke-74 TNI dalam keadaan sehat walafiat.

“Kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI di manapun saat ini bertugas dan berada, beserta seluruh keluarga besar TNI, saya ucapkan selamat HUT ke-74 dan dirgahayu TNI yang kita cintai dan banggakan bersama. Saya bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. Saya yakin, keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itul, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah TNI profesional kebanggaan rakyat,” kata Danrem.

Ia menyampaikan, pada kesempatan ini pula, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI, mengucapkan rasa hormat dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara. Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran.

“Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh, perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya,” papar Kolonel Arnold.

Dirnya menjelaskan, menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI. Maka dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 hingga 2019.

“Pembentukan Divisi Infanteri-3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018, guna menghadapi trouble spot di
wilayah Indonesia bagian timur. Pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia. Pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah serta pembentuka Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI,” jelas Kolonel Arnol.

Danrem menyebutkan, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, kami akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, untuk dipedomani dan dilaksanakan.

“Perkokoh iman dan taqwa (Imtaq) kita kepada TYME, luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri. Tingkatkan solidaritas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks. Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif. Dan jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,” demikian Kolonel Arnold.

Hadir dikegiatan tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Rachmad Fudail, Kepala BNNP Gorontalo Brigjen Pol Oneng Subroto, Sekprov Gorontalo Darda Daraba, Danbrigif 22/Oms Kolonel Inf Ari Sudarsono, Kajati Gorontalo Jaja Suparja, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Bupati Bone Bolango Amin Pou, Walikota Gorontalo Marten Taha, Kabinda Gorontalo Daeng Rosada, Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Yudo Nugroho Sugianto, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Maman Nurachman, Kasrem 133/NBW Letkol INF Sapto Irianto, para Dandim jajaran Korem 133/Nwb. (Rian/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya