Kebakaran Lahan Perhutani di Pangandaran

06 October 2019 17:00
Kebakaran Lahan Perhutani di Pangandaran
Pemadaman kebakaran lahan seluas 8 ha milik Perhutani di petak 28 Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jabar. (Asep DS/Trans89.com)

PANGANDARAN, TRANS89.COM – Kebakaran lahan seluas 8 Hektar (ha) milik Perhutani di petak 28 Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (5/10/2019).

Saksi yang pertama kali melihat Nur Haryanto (33) petani, alamat Dusun Bantarkalong, Desa Sidomulyoi, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran menyampaikan, sekitar pukul 10.00 Wib, telah terjadi kebakaran lahan Perhutani di petak 28 dan saat itu dirinya berada di sawah dan melihat kepulan asap besar diatas lahan milik Perhutani.

“Saya langsung menuju sumber asap tersebut, ternyata itu ada kebakaran di lahan Perhutani, kemudian saya langsung menghubngi Melanie via Hp bahwa ada kebakaran di lahan Perhutani di petak 28,” papar Nur.

Saksi lainnya Kasyanto (49) polter, alamat Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran, memberitaukan hal tersebut kepada pihak Perhutani, Kepala Desa, Koramil 1320/Pnd, Polsek Pangandaran serta pihak pemadan kebakaran (Damkar) Kabupaten Pangandaran.

Sementara pihak Babinsa melaporkan kejadian tersebut dan berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mendatangkan Damkar. Babinsa dan Babinkantibmas di bantu warga masyarakat melaksanakan pemadaman dengan alat seadanya.

Pukul 11.10 Wib, tiba di tempat kejadian perkara (TKP) 1 unit Damkar, karena medan yang susah, TKP kebakaran berada di puncak, untuk pemadaman serta di bantu Babinsa, Babinkantibmas serta masyarakat dan dilanjutkan melaksanakan penyisiran terhadap lokasi kebakaran, dan pukul 14.30 Wib, api dapat di padamkan.

Kebakaran yang terjadi diduga akibat kelalaian orang yang membuang puntung rokok di ilalang kering disaat musim kemarau panjang

Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada pada musim kemarau untuk tidak membuang puntung rokok pada saat berburu atau melintas di area perkebunan atau hutan yang bisa mengakibatkan kebakaran. (Asep/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya