Karhutla di Gunung Penanjakan Wilayah TNBTS Pasuruan

06 October 2019 16:33
Karhutla di Gunung Penanjakan Wilayah TNBTS Pasuruan
Pemadaman Karhutla sekitar 18 Ha, terdiri dari Ledok Mencokan Kulon, Pomahan Bakalan, Pusung Derin merupakan wilayah TNBTS di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jatim. (Adi Nugroho/Trans89.com)

PASURUAN, TRANS89.COM – Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) sekitar 18 hektar (Ha), terdiri dari Ledok Mencokan Kulon, Pomahan Bakalan, Pusung Derin, Sabtu (5/10/2019).

Hutan dan lahan tersebut merupakan wilayah Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim).

Personil yang terlibat di pemadaman Karhutla sebayak 86 orang, terdiri dari TNI 35 orang, Polri 10 orang, TNBTS 10 orang, masyarakat 20 orang, Satpol PP 4 orang, Tim Kesehatan Puskesmas Tosari 3 orang dan Perhutani 4 orang.

Kronologis Karhutla TNBTS, setelah mendapatkan informasi, maka sekitar pukul 07.30 Wib, Danramil 16 Kapten Inf Nicolas JI Moto memerintahkan anggota koramil 16 dan jajaran Koramil sebanyak 20 orang berkumpul di halaman Pendopo Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan, untuk menyiapkan logistik dan alat peralatan yang akan digunakan dalam upaya pemadaman Karhutla.

Pukul 07.45 Wib, personil Koramil 16 Tosari berangkat menuju titik api di Gunung Penanjakan wilayah TNBTS Desa Wonokitri. Pukul 08.00 Wib, pemadaman Karhutla dimulai.

Sekitar pukul 12.15 Wib, personil gabungan TNI/Polri dibantu pihak TNBTS dan masyarakat bekerja keras sehingga api Karhutla Gunung Penanjakan wilayah TNBTS sudah mulai padam karena angin bertiup tidak begitu kencang dan bisa disiram dengan air karena dekat jalan raya.

Pukul 14.20 Wib, personil gabungan TNI/Polri di bantu pihak TNBTS dan masyarakat berhasil memadamkan Karhutla di Gunung Penanjakan wilayah TNBTS. Dan pukul 14.30 Wib, pihak TNBTS menyatakan pemadaman Karhutla selesai.

Adapun jenis tanaman yang terbakar, pohon cemara, akasia, semak-semak, serasah dan rumput alang-alang. (Adi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya