Bupati Pimpin DPK HKTI Sintang Periode 2019-2024

03 October 2019 20:38
Bupati Pimpin DPK HKTI Sintang Periode 2019-2024
Pelantikan pengurus DPK HKTI Sintang periode 2019-2024, berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Sintang, Jalan Merdeka, Alai, Kabupaten Sintang, Kalbar. (Cakra/Trans89.com)

SINTANG, TRANS89.COM – Pelantikan pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sintang periode 2019-2024, berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Sintang, Jalan Merdeka, Alai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (3/10/2019).

Sambutan Ketua Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) HKTI Sintang yang juga menjabat Bupati Sintang saat ini, Jarot Winarno mengucapkan selamat datang dan selamat pagi kepada rekan yang sudah dapat hadir pada pelantikan pengurus HKTI Kabupaten Sintang, dan terimakasih atas kehadiran bapak/ibu semuanya.

“Saya menyampaikan, Petani kita selalu bermasalah dengan 3 hal, yaitu petani kita selalu bermasalah dengan alas hak atas tanah yang dikelola, banyak petani kita yg membuka hutan tidak memiliki alas hak, banyak petani kita hanya menjadi buruh tani di daerahnya sendiri. Petani kita selalu bermasalah dengan akses permodalan, dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan para petani kita dapat di mudahkan oleh pihak Bank Kalbar yang hadir pada kegiatan ini. Petani kita selalu bermasalah dengan marketing pemasaran produk yang telah di panen dan nilai jual produk pertanian petani kita yang belum mampu bersaing,” ucap Jarot.

Menurutnya, petani kita di Kabupaten Sintang hanya menggantungkan diri kita pada komoditas karet, sawit dan lada. Produksi padi kita di Kabupaten Sintang ini hanya mampu memproduksi 1 hektar sawah menghasilkan 2-3 ton padi, sangat jauh di banding di daerah Jawa.

“Lada milik petani Kabupaten Sintang pernah mengikuti pameran lada di Tiongkok dan itu sangat laku, akan tetapi kita belum mampu memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Semoga kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi para petani kita di Kabupaten Sintang agar lebih maju dan modern,” tutur Jarot.

Adapun Pengurus HKTI Kabupaten Sintang yang dilantik periode tahun 2019-2024, Ketua Dewan Penasehat Yosepha Hasnah, Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Rinjani Mustafa, Ketua Dewan Pengurus Harian Jarot Winarno, Sekretaris Umum Juwita, Bendahara Umum Armiyasih, Ketua Komite Organisasi Keanggotaan Jhon Xifli, Ketua Ketua Komite Perkebunan Arif Setiabudi, Ketua Komite Kehutanan Nelson Tambunan, Ketua Komite Pertanian Tanaman Pangan Fransiskus Sumadi, Ketua Komite Holtikultural Atanasius, Ketua Komite Peternakan Wiryono, Ketua Komite Perikanan Ramdali, Ketua Komite Wanita Tani Yulia Syahzaman, Ketua Komite Pemuda Tani Supriyadi, Ketua Komite Perindustrian dan Perdagangan Nur Achmadi, Ketua Komite Koperasi dan UKM Jatmiko, Ketua Komite Ketahanan Pangan Sony Wijaya, Ketua Komite Litbang dan Lingkungan Apit, Ketua Komite Agroindustri dan Alsintan Syarif Nizar Kartana, Ketua Komite Advokasi, Hukum, Perundang-undangan dan Pertanahan Yohana Tamara Yunisa, Ketua Komite Data dan Informasi Endang Gunawan.

Hadir di kegiatan tersebut, Dewan Pakar HKTI Pusat Mayjen TNI (Purn) Winston Simanjuntak, Bupati Sintang Jarot Winarno, Komandan Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki, Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) HKTI Kalbar Edy Suyanto, Pengurus DPP HKTI Kalbar Edy Rasyd, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang, Kepala Bank BRI Cabang Sintang Catur Wahyu Endra Yogianto, Kepala Bank BPD Cabang Sintang Bachtiar, para pengurus DPK HKTI Sintang periode 2019-2024. (Cakra/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya