Pelantikan Definitif Unsur Pimpinan DPRD Majalengka

02 October 2019 02:24
Pelantikan Definitif Unsur Pimpinan DPRD Majalengka
Rapat paripurna DPRD Majalengka dalam agenda pelantikan dan pengucapan sumpah janji Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka periode 2019-2024, berlangsung di Gedung Bhineka Yudha Sawala DPRD Majalengka, Jalan KH A Halim, Majalengka Kulon, Kabupaten Majalengka, Jabar. (Asep DS/Trans89.com)

MAJALENGKA, TRANS89.COM – Rapat paripurna DPRD Majalengka dalam agenda pelantikan dan pengucapan sumpah janji Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka periode 2019-2024 dipimpin Ketua sementara DPRD Majalengka Edy Anas Junaedi dihadiri sekitar 500 orang tamu undangan, berlangsung di Gedung Bhineka Yudha Sawala DPRD Majalengka, Jalan KH A Halim, Majalengka Kulon, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), Selasa (1/10/2019).

Sambutan Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, kepala daerah dan DPRD merupakan bagian tidak terpisahkan dalam roda Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Majalengka dalam memajukan pembangunan Kabupaten Majalengka. Pemkab Majalengka saat ini telah menetapkan arah dan tujuan pembangunan Majalengka 5 tahun kedepan, di mana pada tahun 2019 ini merupakan tahun pertama dalam rentang waktu mewujudkan visi Kabupaten Majalengka 2018-2023 yakni Majalengka yang Raharja.

“Saat ini kita ditantang untuk lebih bersinergi dan menyatukan langkah dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Majalengka dan sudah berada di jalur yang tepat arah dan prioritas pembangunan yang kita rencanakan, serta tengah dilaksanakan juga berjalan dengan baik, sebagai contoh kebijakan menjadikan pariwisata menjadi lokomotif perekonomian di Kabupaten Majalengka,” kata Karna.

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) pembangunan infrastruktur dengan pembangunan jalur timur lintas Majalengka yang di mana yang dinamakan Jati Lima. Pada tahun 2025 itu akan memberikan akses ke semua arah menuju potensi wisata yang ada di wilayah Selatan sampai ke wilayah kecamatan Sindangwangi. Kebijakan ini adalah salah satu upaya dalam mengeksplorasi potensi wisata di Kabupaten Majalengka.

“Ada beberapa hal yang dapat kita jadikan fokus dalam rangka mewujudkan demokrasi negara, diantaranya mewujudkan suatu sistem check and balance, namun dalam semangat Pancasila dan NKRI sebagaimana kita ketahui bersama, DPRD memiliki fungsi legislasi dan pengawasan dalam negara demokrasi antara individu perbedaan, antara kelompok atau bahkan antar lembaga negara adalah sebuah keniscayaan, akan tetapi perbedaan bukanlah alasan bagi kita untuk saling membenci, bukan alasan bagi kita untuk saling menghancurkan atau bahkan saling meniadakan dalam sebuah misi yang besar yang sama agar kekuatan yang dinamis,” tutur Karna.

Ia menjelaskan, saat ini ada tugas besar yang menanti kita, dimana dalam waktu dekat untuk merumuskan RAPBD Kabupaten Majalengka Tahun Anggaran 2020 yang akan kami sampaikan kepada DPRD Kabupaten Majalengka pada bulan Oktober 2019. Harapan kami, semoga pembahasan RAPBD tahun 2020 dapat berjalan lancar dan dapat ditetapkan pada bulan November.

“Selain itu, saat ini Pemkab Majalengka sedang melaksanakan evaluasi kelembagaan dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor 20 tahun 2018, tentang evaluasi kelembagaan instansi pemerintah. Hal itu perlu dilakukan evaluasi dan penataan kelembagaan secara menyeluruh, baik kelembagaan maupun tugas pokok dan fungsi perangkat daerah kabupaten. Oleh karena itu, diharapkan struktur dan tugas pokok yang dihasilkan dapat efektif dan efisien dalam meningkatkan kinerja pegawai, karena kinerja organisasi pemerintah tidak dapat lepas hasil dari pembagian ini yang tentunya memerlukan legislasi dari DPRD Kabupaten Majalengka dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Majalengka,” jelas Karna.

Karna mengajak kepada pimpinan dan anggota DPRD serta semua lembaga masyarakat guna menyelesaikan tugas kita. Mari kita bangun strategi, membuat lompatan-lompatan kemajuan yang dipetakan dalam bentuk inovasi dan kreativitas.

“Dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, sering kali menemukan hambatan dan tantangan yang terkadang sulit untuk diprediksi, kadang berada diluar perhitungan teknis perencanaan, persamaan eksekutif dan legislatif yang dapat dijadikan modal dasar untuk keberhasilan Kabupaten Majalengka, sehingga tata kehidupan dan penghidupan masyarakat Majalengka yang Raharja,” demikian Karna.

Turut hadir dikegiatan tersebut, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Sekda Majalengka A Sodikin, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Harry Subarkar, Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, Lanud S Sukani diwakili Kadislog Lanud Mayor Tek Dedi, Yonif R 321/GT diwakili Kapten Inf H Panggabean, Dansub Denpom III-3/5 Kdp Kapten Cpm Agus Suryadi, Kajari Majalengka Sri Indiarti, Ketua Pengadilan Negeri Majalengka Soetrisno, Ketua Pengadilan Agama Majalengka Masykur, Ketua Bawaslu Majalengka Agus Asri Sabana, Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada, para Kepala OPD Majalengka.

Ketua definitif DPRD Kabupaten Majalengka periode 2019 2024, Ketua Drs Eddy Annas Djunaedi MM, Wakil Ketua I Didin Djunaedi, Wakil Ketua II Asep Eka Mulayana, Wakil Ketua III Dora Dharojatin. (Asep/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya