Didukung GM Geopark, Kemah Pers Indonesia Akan Dilaksanakan 14-16 November 2019

01 October 2019 01:29
Didukung GM Geopark, Kemah Pers Indonesia Akan Dilaksanakan 14-16 November 2019
Sekretaris DPD SPRI Sumut, Otti Batubara. (Heri Putra/Trans89.com)

MEDAN, TRANS89.COM – Rencana pelaksanaan Kemah Pers Indonesia (KPI) yang digagas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), saat ini telah memasuki tahapan penetapan waktu pelaksanaan dan penjaringan peserta KPI.

Tim pelaksana KPI yang akan melibatkan unsur jurnalis, pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan media cetak, online dan elektronik dari seluruh Indonesia ini yang sebelumnya direncanakan pada akhir Oktober 2019, namun pihak memutuskan KPI dilaksanakan pada 14-16 November 2019. Hal tersebut sebagaimana telah diputuskan dalam rapat Tim Pelaksana KPI akhir pekan lalu.

Sekretaris DPD SPRI Sumut, Otti Batubara menyebutkan, pihaknya telah menetapkan waktu pelaksanaan KPI akan dilaksana selama tiga hari dengan memilih lokasi di Taman (Geosite) Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, sebagai titik kumpul para peserta.

“Kami telah menetapkan waktu pelaksanaan KPI selama tiga hari tiga malam, dari tanggal 14 hingga 16 November 2019, yang berpusat di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbahas,” kata Otti usai melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan KPI di Keude Kupie Uleekareng dan Gayo di Jalan AH Nasution, Kota Medan, Senin (30/9/2019).

Dijelaskannya, penetapan waktu pelaksanaan ini disepakati setelah DPD SPRI Sumut mendapat rekomendasi dukungan dari General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) yang ditanda tangani Hidayati.

“Kami bangga dengan ide pelaksaan KPI yang kami gagas, karena mendapat sambutan sekaligus dukungan dari BPGKT ibu Hidayati selaku GM Geopark Kaldera Toba,” jelas Otti.

Sekretaris DPD SPRI Sumut ini menuturkan dukungan GM BPGKT merupakan sebuah penghormatan terhadap pelaksanaan KPI yang digagas SPRI.

“Untuk mewujudkan pelaksanaan KPI di Geosite Kaldera Toba, timnya telah melakukan survei ke Geosite Sipinsur yang akan dijadikan sebagai titik kumpul pelaksanaan KPI, Sabtu (21/9/2019) lalu,” tutur Otti.

Ia mengklaim pelaksanaan KPI akan berlangsung di empat geosite yang masuk dalam kabupaten Humbahas dan kabupaten Tobasa, Sumut.

“Empat Geosite di dua kabupaten yang kami jadikan sebagai lokasi untuk dikunjungi peserta KPI. Seperti Geosite Muara dan Geosite Taman Eden di Kabupaten Tobasa serta Geosite Bakkara dan Geosite Sipinsur keduanya di Kabupaten Humbahas,” ujar Otti.

Lomba Karya Tulis dan Api Unggun

Pada KPI ini nantinya, tim pelaksana juga akan melakukan lomba karya tulis jurnalistik dan foto jurnalistik tentang Geosite Kaldera Toba di empat titik KPI terhadap peserta, yang hasilnya akan dinilai juri profesional di bidang jurnalistik. Peserta terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai dari sponsor dan tropi dan panitia pelaksana.

“Pada malam pertama pelaksanaan KPI, akan dilakukan pembakaran api unggun dan pemutaran film latar belakang terjadinya gempa volcano di gunung Toba yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu,” demikian Otti. (Heri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya