Babinsa Kodim 0910 Malinau Terjun Langsung Tangani Karhutla

30 September 2019 07:09
Babinsa Kodim 0910 Malinau Terjun Langsung Tangani Karhutla
Babinsa Koramil 0910-03/Malinau Kota, Kodim 0910/Malinau, Serka Ebeng Laser langsung bergerak cepat mendatangi lokasi Karhutla di wilayah perbatasan antara Desa Batu Lidung dengan Tanjung Kranjang, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Kaltara. (Pendim 0910 Malinau)

MALINAU, TRANS89.COM – Setelah mendapat laporan dari piket Kodim 0910/Malinau kalau ada titik api di desa binaannya, maka pihak Babinsa Koramil 0910-03/Malinau Kota, Kodim 0910/Malinau, Serka Ebeng Laser langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), Sabtu(28/9/2019).

Press rilis Pendim 0910 Malinau di terima Redaksi, Karhutla tersebut sekitar 3 Hektar (Ha) berupa semak belukar terjadi di wilayah perbatasan antara Desa Batu Lidung dengan Tanjung Kranjang, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara).

“Dengan di bantu oleh Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Malinau Kota serta warga yang berjumlah 15 orang, akhirnya api dapat di padamkan,” kata Serka Ebeng.

Menurut Babinsa, setelah dilaksanakan penyelidikan ternyata penyebab Karhutla itu adalah pembukaaan lahan.

“Pembukaan lahan tersebut merupakan milik Domber, Robet dan Usman,” tutur Serka Ebeng.

Lanjut Srrka Ebeng, kami dan Babinkamtibmas serta warga sempat kesulitan memadamkan api, karena lokasi Karhutla sebagian berada jauh di tengah hutan dan akses jalan darat hanya jalan setapak dan longsor, sehingga tidak dapat dijangkau oleh kendaraan pemadam kebakaran (Damkar).

“Setelah selesai melaksanakan pemadaman, saya langsung berkoordinasi dengan aparat desa agar pemerintah desa mensosialisasikan kepada warga desanya tentang dampak dan bahaya Karhutla,” tambahnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya