46 Tahanan Kabur Akibat Kebakaran di Lapas Perempuan di Sigi

30 September 2019 14:06
46 Tahanan Kabur Akibat Kebakaran di Lapas Perempuan di Sigi
Lapas Perempuan di Desa Maku Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulteng, terbakar. (Ardi/Trans89.com)

SIGI, TRANS89.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan di Desa Maku Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), terbakar sekitar pukul 18.00 Wita, Minggu (29/9/2019).

Akibat kebakaran tersebut, 46 orang warga binaan melarikan diri, tersisa 56 orang yang bertahan di Lapas dari total 102 orang narapidana (napi).

Kapolres Sigi, AKBP Wawan Sumantri mengatakan, dari 46 orang yang melarikan diri, 16 orang napi sudah diamankan, tersisa 30 orang napi lagi di luar lapas.

“Dari 46 orang yang kabur, 16 orang sudah diamankan dan ditempatkan di ruang besuk, tersisa 30 orang lagi warga binaan di luar lapas,” ungkap Kapolres, Senin (30/9/2019).

Menurut Kapolres, gedung yang terbakar saat ini sudah diamankan oleh pihak Polres Sigi, sementara warga binaan yang masih tertinggal di lapas, saat ini di tempatkan di Aula Lapas.

Kapolres Sigi menyebutkan, kejadian tersebut menyebabkan 6 kamar terbakar, dari 15 kamar yang ada. Masing-masing, Wisma Bogenvil terdapat 5 kamar dan 1 kamar di Wisma Angrek.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.50 Wita, setelah satu unit pemadam kebakaran (Damkar) yang tiba di tempat kejadian perkara (TKP) sekitar pukul 18.30 wita,” sebut Kapolres.

Lanjut AKBP Wawan, kebakaran yang menyebabkan enam kamar blok habis itu belum diketahui pasti penyebabnya.

“Dugaan sementara, ruang kamar tahanan sengaja dibakar untuk melarikan diri,” tambah Kapolres. (Ardi/Nis))

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya