Peringati HUT Sulbar Ke-15, Pemprov Gelar Festival Karampuang dan Porseni

17 September 2019 08:47
Peringati HUT Sulbar Ke-15, Pemprov Gelar Festival Karampuang dan Porseni
Pembukaan Fesitival Karampuang dirangkaikan dengan defile pembukaan Porseni dalam rangka memperingati HUT Sulbar ke- 15 Tahun 2019, berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra Jalan Yos Sudarso, Binanga, Kabupaten Mamuju. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Pembukaan Fesitival Karampuang dirangkaikan dengan defile pembukaan Porseni dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Barat (Sulbar) ke- 15 Tahun 2019, dihadiri sekitar 2.000 orang peserta dan tamu undangan, berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra Jalan Yos Sudarso, Binanga, Kabupaten Mamuju, Senin (16/9/2019).

Sambutan Ketua Panitia Pelaksnana yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Muhammad Hamsi mengatakan, dalam rangka memeriahkan hari jadi yang ke 15 Provinsi Sulbar, pemerintah provinsi (Pemrov) akan menyelenggarakan kegiatan pekan olahraga.

“Kegiatan ini menjadi penting, karena bersamaan dengan peringatan HUT Sulbar yang ke 15. Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan untuk mengenang jasa kepada pahlawan,” kata Hamsi.

Menurutnya, olahraga yang akan dipertandingkan yakni sepakbola, bulu tangkis, bola voli putra, sepak takraw dan tenis lapangan.

“Perlombaan seni yang akan dipertandingkan, peragaan busana dan nyanyi solo yang peserta lombanya antar kabupaten. Malam puncak kegiatan, kami akan mendatangkan artis ibukota yakni Yuni Sara,” tutur Hamsi.

Kadis Pariwisata, Farid Wajdi menyebutkan, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan wisata di Sulbar, sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dari luar untuk berkunjung di Sulbar dan belajar budaya Sulbar.

“Kegiatan ini adalah kegiatan festival seni dan pameran dalam rangka memeriahkan HUT Sulbar ke-15 tahun 2019,” sebutnya.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) menyampaikan, pelaksanaan seni dan budaya dalam rangka memperingati HUT Provinsi yang ke-15, dan Insya Allah kegiatan ini pertama kali diadakan, tahun depan kita laksanakan lebih awal lagi,” papar ABM.

Dirinya mensyukuri karena hal ini bisa juga dilaksanakan untuk memperingati HUT Sulbar ke-15.

“Pada hari in, kata-kata yang tulus dan ikhlas dari lubuk hati kita, apabila keberhasilan, apa kira-kira itu, dan akan merasakan segalanya di tahun 2019 ini ulang tahun yang ke 15 Sulbar,” ujar ABM. (Bagus/Nis)

Instansi peserta defile:

1. BKKBN
2. Taspen Cabang Mamuju
3. BNN
4. Balai Karantina
5. Bank Sulselbar
6. Kemenag Sulbar
7. BPJS Ketenagakerjaan
8. Polda Sulbar
9. Pemda Majene
10. Pemda Mateng
11. BPW (Balai Prasarana pemukiman wilayah)
12. Kemenkunham Sulbar
13. TVRI
14. Kanwil Kemenkeu
15. Pengadilan agama
16. Korem 142 Tatag
17. Lanal Mamuju
18. Prov. Sulbar
19. BI
20. Bawaslu
21. BPS (Badan Pusat Statistik

Peserta Karnaval:

1. Marching Band
2. Putri Kebudayaan
3. Genpi Sulbar
4. SMAN 1 Mamuju
5. SMAN 2 Mamuju
6. SMKN Mamuju
7. SMK Rangas
8. MA. Al- Chaeria
9. MAN Mamuju
10. Kabupaten Mamuju
11. Kabupaten Mamuju tengah
12. Kabupaten Mamasa
13. Kabupaten Polewali Mandar

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya