Pengukuhan Satgas Anti Money Politik, Penandatanganan Pakta Integritas dan Deklarasi Damai Pilkades di Sragen

12 September 2019 03:22
Pengukuhan Satgas Anti Money Politik, Penandatanganan Pakta Integritas dan Deklarasi Damai Pilkades di Sragen
Pengukuhan Satgas anti money politik, penandatanganan pakta integritas dan deklarasi damai Pilkades Kabupaten Sragen tahun 2019, berlangsung di Aula SMAN 1 Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jateng. (MUhammad Husni Thamrin/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Bertempat di Aula SMAN 1 Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) anti money politik, penandatanganan pakta integritas dan deklarasi damai pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Sragen tahun 2019, dihadiri sekitar 600 orang, Rabu (11/9/2019).

Hadir di kegiatan tersebut, Bupati Sragen Hj Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Danramil 06/Gondang meakili Dandim 0725/Sragen Kapten Inf Warisman, Dansubdenpom IV/4-1 Sragen Kapten CPM Eko Hariyanto, Kajari Sragen Syarif Sulaiman, Kepala Inspektorat Sragen Wahyu Widayat, Kadis Dukcapil Sragen Haryanto Wahyu Lwiyanto, Kepala Satpol Sragen Heru Martono, Kadis Dikbud Sragen Suwardi, Kabag Hukum da HAM Setda Kabupaten Sragen Yulianto, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Sragen Hildawati Aziroh, Muspika Eks Kawedanan Gondang, para Ketua BPD Desa, para Ketua Panitia Pilkades tingkat Desa, para Calon Kades (Cakades), para Ketua tim pemenangan, Satgas anti money politik Pilkades, dan para Babinsa dan Babinkamtibmas.

Sambutan Camat Gondang, Catur Sarjanto mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena kita semua masih diberikan kesempatan untuk mengikuti acara pengukuhan Satgas money politik dalam rangka Pilkades serentak di Kabupaten Sragen, semoga apa yang kita laksanakan mendapatkan rindha dari Allah SWT.

“Ibu Bupati dan hadirin, perlu kami laporkan bahwa pada acara pengukuhan Satgas pada pagi ini sebanyak 530 orang se Eks Kawedanan Gondang. Semoga dalam pelaksanaan kegiatan bisa berjalan dengan tertib dan aman,” ucapnya.

Dilanjutkan pengukuhan dan penyematan rompi serta topi Satgas anti money politik oleh Bupati Sragen didampingi Forkopimda. Penandatanganan pakta integritas yang diwakili Cakades Srimulyo Tri Prasetyo Suhardo, Ketua Paniti Kecamatan Pilkades Srinardi, Camat Gondang Catur Sarjanto disaksikan Bupati Sragen.

Deklarasi damai Pilkades dibacakan Bupati Sragen, Hj Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan Alhamdulillah mari kita panjatkan kehadirat Alloh SWT atas pelaksanaan deklarasi yang menjadi awal dalan pelaksanaan pesta demokrasi yang baik dan tanpa adanya gangguan dari pihak manapun.

“Pilkades serentak sebanyak 167 bukanlah jumlah yang kecil dalam pemilihan Pilkades, dan kami sebagai sopirnya banyak tikungan yang harus dilalui, kami apakah bisa menjalankan tugas ini, namun kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat melalui deklarasi ini kita akan selamat dan kita akan mengedepankan kejujuran dalam Pilkades ini dengan baik,” papar Kusnidar.

Menurutnya, kenapa mesti dilaksanakan deklarasi, tujuannya untuk menyamakan persepsi, agar pelaksanaan Pikades di Kabupaten Sragen bisa berjalan tertib, lancar, aman dan tetap guyub rukun.

“Kabupaten Sragen, Pilkades perlu kita rubah dalam bentuk pemilihan melalui masyarkat dan kita belajar dari Pemilu maupun Pileg Sragen dapat berjalan aman. Kami minta dalam Pilkades harus bisa aman dan sukses. Para Kades harus bisa menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing,” tutur Kusnidar.

Ia menjelaskan, pilihan yang paling krusial adalah Pilkades, karena satu desa hanya empat, kebanyakan calonnya, tetapi euforia Pilkades siapapun yang jadi janganlah menjadikan ketidakrukunan sesama, siapapun yang jadi pemimpin harus amanah bisa jadi suri tauladan kepada rakyatnya.

“Bagi yang kalah jangan membuat keributan dan kerusuhan, dan yang menang jangan melakukan konvoi, sehingga menjadikan wilayah kurang kondusif, harapan kawedanan Gondang suasananya sejuk tidak panas,” jelas Kusnidar.

Kusnidar mengungkapkan, kenapa harus ada Satgas anti money politik, dalam Pilkades diharapkan tidak ada melakukan politik uang, supaya kedepan lahirlah calon pemimpin yang komitmen dan amanah.

“Disini saya menyampaikan perangkat desa dan ASN Kabupaten Sragen harus netral. Saya benar-benar meminta kepada Babinsa dan Bainkamtibnas pada tanggal 26 September 2019 hari pelaksanaan Pilkades dapat berlangsung dengan tertib, aman dan kondusif. Selamat berkompetisi dengan baik, semoga dalam pelaksanaannya bisa lancar dan sukses, selamat bertugas,” demikian Kusnidar. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya