Lingkar Milenial Peduli Demokrasi di Medan Tuntut DPR Revisi UU KPK

12 September 2019 06:40
Lingkar Milenial Peduli Demokrasi di Medan Tuntut DPR Revisi UU KPK
Aksi Lingkar Milenial Peduli Demokrasi aksi di Lapangan Merdeka Jalan Balaikota (Titik Nol), Kota Medan, Sumut. (Heri Putra/Trans89.com)

MEDAN, TRANS89.COM – Aksi unjuk rasa dari Lingkar Milenial Peduli Demokrasi (LMPD) berlangsung di Lapangan Merdeka Jalan Balaikota (Titik Nol), Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), diikuti sekitar 50 orang aksi dipimpin Fuad Lutfi, Rabu (11/9/2019).

Massa aksi membentangkan spanduk bertuliskan Lingkar Melienial Peduli Demokrasi, mendukung DPRI percepatnya merevisi Undang-Undang (UU) KPK, kami memandang perlu adanya lembaga pengawas KPK, meminta kepada DPR untuk segera melakukan pemilihan ulang 4 calon pimpinan (Capim) KPK.

Orasi Fuad Lutfi meminta kepada DPR sebelum masa jabatan habis segera merevisi UU KPK, karena yang menjadi sorotan dalam penyadapan diatur dalam pasal 12 ayat 1 huruf.

“Terkait hal itu juga, UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi dan UU Nomr 19 tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Eletronik (ITE) pasal 40 UU telekomunikasi, apapun bentuknya adalah ilegal,” ujar Fuad.

Ia mengungkapkan, dalam pasal 56 pada UU ancaman pidana 15 tahun. Pasal 31 ayat (1) UU ITE, ini adalah merusak hak-hak pribadi dan privasi warga negara termasuk yang dilakukan KPK.

“Revisi UU KPK adalah langkah solutif untuk menyelesaikan permasalahan. Terkait OTT (operasi tangkap tangan) yang dilakukan KPK adalah OTT yang belum sempurna, sehingga pelaku koruptor lepas,” ungkap Fuad.

Fuad menyebutk, karena itu kami menilai draft revisi UU KPK memberi masukan perlu adanya lembaga pengawas KPK, dan kami pandang perlu perubahan sistem melalui perubahan pimpinan KPK.

“Dalam negara demokrasi, lembaga pengawas yang kredibel dan kuat sangat diperlukan, lembaga pengawas akan melakukan fungsi check and balence agar lembaga yang diawasi tidak menyalahgunakan kekuasaan. Khususkan KPK, karena kami sedang menuntut DPR untuk merevisi UU KPK,” sebut Fuad. (Heri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya