Polres Mandailing Natal Temukan 5 Hektar Ladang Ganja

07 September 2019 20:02
Polres Mandailing Natal Temukan 5 Hektar Ladang Ganja
Ladang ganja seluar 5 Ha berhasil ditemukan Polres Madina dan langsung dimusnahkan. (Leo Sembiring/Trans89.com)

MANDAILING NATAL, TRANS89.COM – Polres Mandiling Natal (Madina) yang di komandoi AKBP Irsan Sinuhaji, berhasil menemukan ladang ganja seluar 5 Hektar (Ha), setelah sebelumnya juga berhasil menemukan dan memusnahkan ladang ganja seluar 7 Ha di Kabupaten Madina, Sumatera Utara (Sumut).

Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji menjelaskan, Polres Mandailing Natal berhasil menemukan 5 Ha ladang ganja pada hari Sabtu (31/9/2019), sekira pukul.14.00 Wib, terletak di Desa Huta Tinggi, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupatan Madina tepatnya di Pegunungan Tor Simantawa.

“Mengatahui hal tersebut, Kasat Resnarkoba Polres Madina AKP Muhammad Rusli, beserta 20 orang tim gabungan dari Propam, Satreskrim, Satintel, Satnarkoba Polres Madina dengan Personil Polsek Panyambungan langsung melaksanakan apel mendadak untuk persiapan menuju ke lokasi pegunungan tempat ditemukannya tanaman ganja, dimana AKP Muhammad Rusli memimpin apel mendadak tersebut di lapangan Mako Polres Madina,” jelas AKBP Irsan.

Menurutnya, usai memberikan pengarahan kepada sejumlah personil yang terlibat dalam pendakian tersebut, sekitar pukul 05.30 Wib, personil gabungan berangkat dari Mako Polres Madina dengan menggunakan 2 mobil dinas menuju ke perkampungan di Desa Huta Tinggi.

“Sekitar pukul 09.30 Wib, personil gabungan Polres Madina sampai di perkampungan atau Desa Huta Tinggi, Kecamatan Panyabungan Timur, Madina, selanjutnya personil gabungan melanjutkan kembali dengan berjalan kaki menuju ke daerah atau lokasi penemuan ladang ganja di daerah kawasan pegunungan Desa Huta Tinggi. Personil gabungan langsung melanjutkan pendakian dengan berjalan kaki, dan setelah menempuh perjalan sekitar 5 jam, pukul 14.00 Wib, akhirnya tim gabungan Polres Madina menemukan lokasi ladang ganja tersebut. Lokasi terseut persis tepatnya di daerah penggunungan Tor Simantawa, Desa Huta Tinggi, Kecamatan Panyabungan Timur, Madina dengan seluas sekitar 5 hektar,” tutur AKBP Irsan.

Mantan Kapolres Oku Sumsel Palembang tersebut menyebutkan, Tim gabungan dari Polres Madina telah berhasil menemukan seluas 5 Ha dengan pohon ganja, dan sebanyak 30.000 batang yang berumur sekitar 1 – 4 bulan tanaman ganja di lokasi pegunungan tersebut.

“Saya langsung melaporkan kepada Dir Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendry Marpaung mengani temuan ladang ganja tersebut, dan 15 orang personil Dir Resnarkoba Polda Sumut langsung di berangkatkan ke lokasi penemuan ladang ganja untuk melakukan penindakan dan pemusnahan terhadap tumbuhan ganja di penggunungan Tor Simantawa Desa Huta Tinggi,” jelas AKBP Irsan.

Lanjut AKBP Irsan, setibanya dilokasi tim gabungan Polda Sumut dan Polres Madina memusnahkan sebanyak 29.734 pohon ganja dengan cara di semprot dan dibakar, untuk barang bukti sebanyak 266 batang di sisihkan untuk dibawa ke Mako Polres Madina.

“Saat ini Polres Madina Sedang melakukan gelar pekara dan meyelidiki pemilik ladang ganja tersebut,” tambahnya. (Leo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya