Presiden Jokowi Launching Fasilitas Produksi Mobil Esemka

06 September 2019 18:44
Presiden Jokowi Launching Fasilitas Produksi Mobil Esemka
Presiden RI, Joko Widodo launching fasilitas produksi PT SMK Esemka Boyolali di gedung PT SMK Eesemka Boyolali, Jalan Raya Demangan Km 3,5 Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jateng. (Muhammad Husni Thamrin/Trans89.com)

BOYOLALI, TRANS89.COM – Bertempat di gedung PT Solo Manufactur Kreasi (Eesemka) Boyolali, Jalan Raya Demangan Kilometer (Km) 3,5 Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung launching fasilitas produksi PT Esemka Boyolali oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Jumat (6/9/2019).

Hadir di kegiatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI Jenderal TNI Purn Moeldoko, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Sekretariat Kepresidenan RI Heru Budi Hartono, Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, Bidang Protokoler, {ers dan Media Sekretaiat Presiden Bey Triadi Machmudin, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumedi, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Jenderal Purn TNI AM Hendro Priyono, Menteri ESDM Ignasius Jonan, DPP PDIP Budiman Sujadmiko< Kejaksaan Agung (Kejagung) Muh Prasetyo, Direktur PT Esemka Edi Wirajaya, Forkopimda Provinsi Jateng, Forkopimda Kabupaten Boyolali, dan tamu undangan sekitar 350 orang.

Sambutan Direktur PT Eesemka, Edi Wirajaya, mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini dan berterima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya, karena pada hari ini kita dapat melaksanakan launching mobil Esemka merupakan mobil Indonesia karya anak bangsa.

“Kami berharap, setelah di launching, para anak bangsa dapat meningkatkan sumber daya unggul dalam produksi mobil kita serta mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kami juga mohon kepada Bapak Presiden untuk meresmikan pabrik ini,” ucap Edi.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, mobil Esemka adalah brand dan prinsipalnya Indonesia. Ini adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

“Ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semuanya yang namanya membuat mobil itu tidak hanya memproduksi saja, tetapi juga bagaimana menjualnya. Tadi dari belakang saya lihat bagaimana mesin dan komponen-komponen lain dirakit. Saya lihat dan senang bahwa supplier-supplier komponen yang ada banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya, lokal kontennya juga sudah baik, meskipun saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 apalagi 100%,” kata Presiden.

Menurutnya Presiden, sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, dirinya mengacungi jempol keberanian dari PT Esemka.

“Tidak mudah, tidak gampang, masuk pasarnya ini juga tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku,” tutur Jokowi.

Ia menyampaikan, banyak yang bertanya kepada dirinya kenapa mau meresmikan pabrik Esemka ini. Menurut Presiden, karena dirinya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional, mendukung merek lokal, mendukung merek nasional, ya itu saja.

“Saya meyakini, pabrik mobil Esemka ini akan memiliki efek yang berantai di belakangnya, baik pemasok, industri-industri menengah, industri-industri kecil, sampai industri rumah tangga yang berperan dalam rantai pasokan yang panjang,” paparnya.

Presiden menjelaskan, dengan demikian, hal ini akan membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, bukan hanya pekerja langsung yang ada di perusahaan tersebut yang mendapatkan manfaat, tapi multi players effect yang besar secara umum kepada ekonomi kita, utamanya ekonomi di Kabupaten Boyolali akan sangat besar.

“Oleh sebab itu, kita semuanya harus mendukung. Saya tidak ingin maksa pada bapak ibu dan saudara-saudara semuanya untuk beli, tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah coba, sudah lihat, sudah tes dan memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan apalagi yang impor,” jelas Jokowi.

Usai mencoba mobil pick-up Esemka Bima 1.200 cc dan meresmikan pabrik perusahaan itu, Presiden Jokowi mengaku sempat menanyakan harga mobil yang memiliki brand dan principal Indonesia itu.

“Tadi tanya ke manajemen harganya berapa, pak? Rp95 juta off the road, ya murah. Feeling saya laku keras,” ujar Jokowi.

Dalam peresmian itu, ada dua varian mobil Esemka, yaitu Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3 dengan harga sekitar Rp110 juta.

Selanjutnya dilakukan pemencetan tombol tanda diresmikanya PT Solo Manufactur Kreasi Esemka dan penandatanganan prasasti oleh presiden RI, Joko Widodo. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya