Babinsa Koramil 02/Pangkalan Bantu Pemadaman Karhutla di Jorong Pasar Buyuh, Lima Puluh Kota

24 August 2019 01:13
Babinsa Koramil 02/Pangkalan Bantu Pemadaman Karhutla di Jorong Pasar Buyuh, Lima Puluh Kota
Pemadaman kebakaran Karhutlah oleh Babinsa Koramil 02/Pangkalan, Kodim 0306/50 Kota, Korem 032/Wbr di Jorong Pasar Buyuh, Nagari Tanjung Pauh, Kecataman Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. (Hendro Wijaya/Trans89.com)

LIMA PULUH KOTA, TRANS89.COM – Terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jorong Pasar Buyuh, Nagari Tanjung Pauh, Kecataman Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (23/8/2019).

Kebakaran Karhutla tersebut, laporannya di terima Babinsa Koramil 02/Pangkalan, Kodim 0306/50 Kota, Korem 032/Wirabraja (Wbr) dari masyarakat kalau telah terjadi kebakaran hutan di daerah Jorong Pasar Pangkalan, dengan cepat Babinsa Koramil 02/Pangkalan yakni Serda Aris Ismunaya, Serda Waruru dan Kopda Rio langsung turun ke lapangan untuk mengecek kebenaran berita tersebut, dan ditemukan keadaan hutan memang sudah terbakar.

Dari hasil pengecekan, saksi mata Yudi mengatakan, api kelihatan sudah mulai membesar dan diperkirakan karena panas yang berlebihan sudah beberapa hari belakangan ini, memicu terjadinya kebakaran.

“Hingga saat ini kebakaran hutan sudah meluas merambat kurang lebih 1 Hektar (Ha),” kata Yudi.

Adapun langkah yang diambil oleh Piket Koramil dan Babinsa Koramil 02/Pangkalan segera berkoordinasi dengan pihak Pemadam Kebakaran (Damkar), pemerinta Kecamatan dan Polsek Pangkalan untuk membantu pemadaman api Karhutla.

Hingga berita ini ditayangkan, hingg pukul 15.30 Wib, Babinsa Koramil 02/Pangkalan, Babinkamtibmas Brigpol Rudi, Damkar Pangkalan serta masyarakat masih berusaha memadamkan api.

Karena kebakaran hutan yang semakin meluas dan dikhawatirkan mendekati perkampungan yang jaraknya sekitar 50 hingga 200 meter, banyak wargayang mulai mengungsi mengamankan harta bendanya, sehingga pemadaman kebakaran hingga saat ini kurang maksimal.

“Mudah – mudahan pemerintahan daerah kecamatan, Nagari dan Jorong segera mendukung dan membantu proses pemadaman api supaya tidak berdampak lebis luas,” imbuh Serda Aris Ismunaya.

Mendengar informasi kebakaran hutan di Tanjung Pauh, Kasdim 0306/50 Puluh Kota Mayor Czi Manat Sianturi berinisiatif langsung berkoordinasi dengan Camat Pangkalan Koto Baru, Lubis dan Kapolsek Pangkalan, Iptu Dika dalam membantu percepatan pemadaman api. Api dapat dipadamkan pukul 18.45 Wib.  (Hendro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya