Agus: Industri Sawit Punyai Andil Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

23 August 2019 14:47
Agus: Industri Sawit Punyai Andil Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa saat menerima warga masyarakat diruang kerjanya di Jalan Ir Soeakrno, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Andis/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa mengajak masyarakat untuk mengakui kehadiran industri kelapa sawit dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Pasangkayu. Hal tersebut disampaikan Agus disela-sele menerima masyarakat diruang kerjanya, Kamis (22/8/2019).

“Kita, pemerintah daerah bersama masyarakat petani mengakui dengan kehadiran industri sawit dengan membangun beberapa pabrik kelapa sawit yang termasuk miliki Astra Group mempunyai andil peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Agus diruang kerjanya, Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Menurutnya, berdasarkan data statistik terakhir pada tahun 2018, angka perkapita 52 juta Kabupaten Pasangkayu. Tidak dipungkiri, itu juga disebabkan dengan hadirnya beberapa perusahaan perkebunan kepala sawit di Pasangkayu.

“Kita bisa lihat lansung sekarang di masyarakat petani, hampir setiap rumah sudah memiliki kendaraan roda empat. Apalagi kalau hanya kendaraan roda dua, rata-rata dimiliki lebih dari satu. Nah, coba kita tanyakan langsung lima atau sepuluh tahun lalu, apa masyarakat memiliki kendaraan masing-masing,” tutur Agus.

Ia menyebutkan, ekonomi petani rata-rata mengalami perbaikan.

“Saat ini, pendapatan petani perkavling kebun kelapa sawit sebesar Rp6 juta keatas,” sebut Agus.

Agus menjelaskan, ke semua industri perkebunan sawit yang hadir di Pasangkayu sebelumnya berkomitmen memperdayakan masyarakat lokal dalam memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan. Misalnya, ada masyarakat yang mempunyai lahan, tapi tidak memiliki banyak modal, perusahaan bisa membantu bibit dengan memasukkan dalam program IGA (Income Generating Activity) dan sebagainya.

“Saya rasakan itu yang sangat membantu sekali masyarakat kita yang hanya mempunyai lahan tidak digunakan dikarenakan keterbatasan modal. Nah, Astra membuka ruang untuk itu semua. Dan urusan bersama maayarakat yang harus melibatkan pemerintah, Astra juga telah melakukan komunikasi dengan baik dengan pemerintah daerah,” jelas Agus. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya