Ini Nama 30 Anggota DPRD Kota Tegal di Lantik

22 August 2019 02:20
Ini Nama 30 Anggota DPRD Kota Tegal di Lantik
Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal dengan acara pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Kota Tegal masa bakti periode 2019-2024 berlangsung i Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal Jalan Ki Gede Sebayu, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jateng. (Muhammad Husni Tahmrin/Trans89.com)
.

TEGAL, TRANS89.COM – Bertempat di Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal Jalan Ki Gede Sebayu, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung rapat paripurna DPRD Kota Tegal terkait pelantikan dan pengucapan sumpah 30 orang Anggota DPRD Kota Tegal terpilih masa bakti periode 2019-2024, dipimpin Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Ansori Faqih dan Wasmad Edi S, dihadiri sekitar 300 orang tamu undangan, Rabu (21/8/2019).

Hadir dikegiatan tersebut, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wakil Walikota Tegal M Jumadi, Pj Sekda Kota Tegal Imam Badarudin, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskel Sangari, Pasops Lanal Tegal Kapten Laut (P) Agus Purwadi, Ketua Pengadilan Negeri Tegal Djoni Witanto, Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Tegal Slamet Usilo, Sekretaris DPRD Kota Tegal Totok Subayo, Ketua KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni, Ketua Bawaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, para Anggota DPRD Kota Tegal terpilih, pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, serta tamu undangan.

Acara diawali pembukaan sidang paripurn dipimpin Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno, lalu pembacaan SK Gubernur Jateng Nomor 170/65 Tahun 2019 tentang peresmian pemberhentian dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Kota Tegal masa bakti periode 2019-2024 dibacakan oleh Sekwan DPRD Kota Tegal Totok Subayo.

Kemudian pengucapan sumpah/janji jabatan, penandatanganan berita acara dan penyerahan SK Gubernur Jateng kepada anggota DPRD Kota Tegal terpilih.

Penyampaian pimpinan rapat sementara DPRD Kota Tegal yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Ansori Faqih mengatakan rapat pripurna DSPRD Kota Tegal dengan acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kota tegal masa keanggotaan 2019 – 2024 dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum.

“Anggota DPRD sebelum memangku jabatan maka harus mengucapkan sumpah janji secara bersama-sama, dan hari ini keanggotaan DPRD masa bakti 2014-2019 akan segera berakhir, selama melakukan tugas banyak perubahan yang terjadi kami berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sambutan Ketua sementara DPRD Kota Tegal Edy Suripno menuturkan, dalam kesempatan yang terhormat ini, dirinya sampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu, TNI-Polri yang telah bekerja maksimal dan mengamankan Pemilu, sehingga selama penyelenggara pemilu 2019 berjalan aman dan kondusif.

“Sesuai amanah undang undang, pimpinan sementara dijabat oleh suara terbanyak Parpol Pemilu, untuk itu saya hanya memfasilitasi sampai dengan ada pimpinan DPRD terpilih. Saya ucapkan terimakasih kepada anggota dewan masa bhakti 2015-2019 atas pengabdiannya selama ini, dan saya ucapkan selamat kepada anggota Dewan yang baru masa bakti 2019-2024 selamat bekerja semoga dapat memajukan Kota Tegal yang kita cintai ini,” tuturnya.

Sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dibacakan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, mengucapkan selamat kepada seluruh Anggota DPRD yang telah dilantik pada hari ini, jalankan amanah ini dengan kerja keras, penuh dedikasi dan tanggung jawab. Junjung tinggi integritas, jaga sumpah janji yang tadi telah diucapkan, dan bagi anggota dewan yang baru menjabat segera pahami wewenang, tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat, untuk yang periode kedua kiranya dapat langsung gaspol menjalankan semua tugas amanah rakyat ini.

“Perlu saya sampaikan, saat ini pembangunan Jateng terus bergerak kearah yang semakin baik. Hal ini ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak kearah yang positif. Perekonomian Jateng berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2018 mencapai Rp1.268.700,97 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 941.283,28 miliar,” papar Dedy.

Ia menjelaskan, ekonomi Jateng tahun 2018 tumbuh 5,32%, menguat dibandingkan tahun 2017 (5,26%). Meski begitu, penduduk miskin Jateng berada pada urutan ke-2 terbanyak se-Indonesia sebanyak 3.867.420 jiwa. Presentase penduduk miskin di Jateng dari tahun ketahun terus bergerak kearah yang positif. Persentase penduduk miskin pada September 2018 sebesar 11,19%, turun 0,13% poin dibanding bulan Maret 2018. Periode September 2017 – September 2018 penurunan angka kemiskinan Jateng menempati posisi tertinggi diantara 34 Provinsi se-Indonesia sebesar 330.070 jiwa. Ada 14 Kabupaten yang masih berada pada zona merah.

“Provinsi Jateng menyumbang 50% penurunan kemiskinan nasional. Tetapi meskipun kemiskinan Provinsi Jateng telah turun tajam, namun masih berada di atas capaian nasional dan berada di urutan ke 20 secara nasional. Untuk itulah, Pemprov Jateng terus berupaya memfokuskan program penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar berbagai program pembangunan yang kami lakukan dapat berhasil dan optimal, kami membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah Kabupaten/Kota. DPRD sebagai lembaga legislatif daerah dan merupakan bagian tak terpisahkan dari pemerintah daerah. Sinergitas legislatif dan eksekutif amatlah penting utamanya dalam perencanaan anggaran maupun dalam penyusunan program strategis daerah serta pembentukan perda-perda sebagai landasan pembangunan daerah,” jelas Dedy. (Husni/Nis)

Nama Anggota DPRD Kota Tegal yang dilantik masa bakti periode tahun 2019-2024:

a. Dapil I/Kec. Tegal Selatan :
1). Habib Ali Z.A (PKB)
2). Masruri (PKB)
3). Triono (PDIP)
4). Rosalina (PDIP)
5). Wasmad Edi Susilo, SH (Golkar)
6). Safrudin (Gerinda)
7). Bayu (PKS)

b. Dapil II / Kec. Margadana :
1). Moh. Muslim (Golkar)
2). Eny Yuningsih (Golkar)
3). Sutari, SH (PDIP)
4). Tengku Rizki (PAN)
5). Imam (PKB)
6). Zainal (PKS)
7). Teguh Imam Santoso (Demokrat)

c. Dapil III / Kec. Tegal Barat :
1). H. Eko Susanto (PKB)
2). Yusuf Al Baehaqi (PKB)
3). Kusnendro (PDIP)
4). Agus Susanto (Gerindra)
5). Sugiono (Golkar)
6). Rahmat Raharjo (PKS)
7). Nur Fitriani (PAN)

d. Dapil IV / Kec. Tegal Timur :
1). Edy Suripno, SH, MH (PDIP)
2). Eko Patrio Sumadi (PDIP)
3). Purnomo (PDIP)
4). Drs. Ansori Faqih (PKB)
5). Sodik Gagang, S.Pd (Golkar)
6). Ely Farisati (PAN)
7). Amirudin, Lc (PKS)
8). Sisdiono Ahmad (Gerindra)
9). Satori (Demokrat)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya