Pelda Novri Sosialisasikan Latihan Pratugas Yonif 133/YS

15 August 2019 04:23
Pelda Novri Sosialisasikan Latihan Pratugas Yonif 133/YS
Pelda Novri Batuud Koramil 02/Pangkalan, Kodim 0306/Lima Puluh Kota, sosialisasikan akan adanya latihan Pratugas Yonif 133/YS, dimana sosialisasi tersebut berlangsung daerah Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. (Hendro Wijaya/Trans89.com)

LIMA PULUH KOTA, TRANS89.COM – Pelda Novri Batuud Koramil 02/Pangkalan, Kodim 0306/Lima Puluh Kota, mensosialisasikan akan adanya latihan Pratugas Batalyon Infanteri (Yonif) 133/Yudha Sakti (YS), dimana sosialisasi tersebut berlangsung di Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (14/8/2019).

Batuud Pelda Novri beserta salah seorang Babinsa turut serta melaksanakan peninjauan medan latihan serta mensosialisasikan akan adanya latihan milter prajurit Yonif 133/YS .

Yonif 133/YS sendiri merupakan Batalyon Infanteri yang berada di bawah komando Korem 032/Wirabraja, Kodam I/Bukit Barisan. Markas Batalyon, kompi markas dan kompi B berkedudukan di Air Tawar, Padang. Kompi Bantuan dan Kompi Senapan C berkedudukan di Siteba, Padang, Sumbar.

Pelda Novri menyampaikan, sebelum melaksanakan tugas operasi ke daerah perbatasan Indonesia – Malaysia, terlebih dahulu prajurit Yonif 133/YS melaksanakan latihan dalam rangka mendukung kegiatan operasi tersebut.

“Prajurit Yonif 133/YS akan bertugas menjaga perbatasan wilayah NKRI merupakan tanggungjawab setiap warga negara Indonesia sesuai UUD 1945 pasal 30 ayat 1-3, diantaranya tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” papar Pelda Novri.

Menurutnya, usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

“TNI terdiri atas Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) sebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara,” tutur Pelda Novri.

Oleh sebab itu, lanjut Pelda Novri, didalam pelaksanaan tugasnya, Yonif 133/YS tidak terlepas mendapat dukungan dari rakyat Indonesia yang berada di daerah perbatasan itu sendiri, begitu juga dukungan dari instansi lainnya seperti Polri,” jelas Pelda Novri.

“Agar didalam latihan pratugas ini juga, TNI berkoordinasi dan meminta dukungan dari pemerintah setempat, pihak kepolisian, sehingga latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tambah Pelda Novri.

Dari sosialisasi ini, masyarakat memberikan respon positif dan dukungan yang penuh.

“Semoga pratugas nantinya dapat berjalan dengan baik begitu juga saat operasi pengamanan perbatasan yang sebenarnya, Yonif 133/YS mampu mengemban tugas yang diberikan negara dengan baik. Semoga TNI tetap jaya dan dicintai rakyat,” ujar Bakri dan Iyal. (Hendro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya