Polres Sragen Gelar FGD Dalam Rangka Mencegah Politik Uang di Pilkades Serentak

13 August 2019 19:21
Polres Sragen Gelar FGD Dalam Rangka Mencegah Politik Uang di Pilkades Serentak
FGD digelar Polres Sragen bersama warga Desa Dawungan dalam rangka mencegah money politik Pilkades serentak di Sragen Tahun 2019 berlangsung di Aula Balai Desa Dawungan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jateng. (Muhammad Husni Thamrin/Trans89.com)

SRAGEN, TRANS89.COM – Bertempat di Aula Balai Desa Dawungan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung Focus Groub Discution (FGD) Polres Sragen wedangan bersama warga Desa Dawungan dalam rangka mencegah money politik pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Sragen Tahun 2019, dan penanggungjawab Kasat Binmas Polres Sragen, AKP Muryati dihadiri sekitar 170 orang peserta, Senin (12/8/2019) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas oles Sragen AKP Muryati, Muspika Masaran, para bakal calon (Balon) Kades se-Kecamatan Masaran, para panitia Pilkades se-Kecamatan Masaran, Kabag Ops Polres Sragen AKP Yohanes Krisnanto, Babinkamtibmas se-Kecamatan Masaran, Kaades dan Pj Kades se-Kecamatan Masaran, tokoh agama da masyarakat.

Sambutan Camat Masaran, Agus Winarno mengatakan dirinya mewakili jajaran Muspika mungucapkan terimakasih kepada pihak Polres beserta jajaran atas kepercayaan dilaksanakan kegiatan ini di Desa Dawungan dalam rangka cipta kondisi pelaksanaan pilkades di Kecamatan Masaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019.

“Diharapkan para Pj kades mendukung pelaksanaan pilkades atas prasarana pendukung kelancaran pilkades. Di Kecamatan Masaran yang sudah terdaftar sebagai bakal calon kades berjumlah 39 orang dari 11 desa yang melaksanakan pilkades,” kata Agus.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk sarana tanya jawab terkait pelaksanaan pilkades, dimana pesta demokrasi ini perbedaan dukungan dan pilihan jangan sampai menjadi konflik, dan beda dukungan serta pilihan anggap saja suatu hal yang biasa dalam demokrasi.

“Diharapkan bakal calon kades dan tim sukses saling menjaga kerukunan, jangan terburu-buru pasang MMT maupun baliho, karena bakal calon kades belum ditetapkan sebagi calon kades, nanti ada waktu tersendiri. Untuk pilkades, akan ada TPS di setiap kebayanan, panitia di TPS minimal 8 orang dan bisa ditambah sesuai kebutuhan, dan mari bersama -sama untuk menciptakan iklim yang kondusifitas daerah,” jelas Agus.

Penyampaian materi Kabag Ops Polres Sragen, AKP Yohanes Krisnanto menyampaikan, dalam rangka untuk memilih putra dan putri terbaik untuk memimpin desanya masing-masing, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sepakat pelaksanaan pilkades tidak ada money politik, dan diharapkan dengan terbentuknya Satgas anti money politik, warga tidak terkena dampaknya dalam arti bermaslah dengan money politik.

“Kegitan ini bertujuan untuk mencegah orang yang punya niat dan kesempatan yang tidak baik yaitu money politik dalam pilkades. Ketika sepakat untuk hidup dalam negara hukum, hukumpun harus ditegakkan dengan sebenar-benarnya. Pada malam hari ini, kita mengajak unsur masyrakat, unsur calon dan panitia bersikap transparan. Kami akan membentuk zona integritas anti korupsi dimulai dari diri sendiri,” paparnya.

Materi Kasat Reskrim Polres Sragen, AKP Harno mengajak pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman tidak bermain politik uang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan tim suksesnya, dimana situasi saat ini beban kepala desa sangat berat, semua perlu keterbukaan, adu visi dan misi untuk kemajuan desa, jangan menyerang lawannya dengan hal-hal yang tidak benar.

“Apabila ditemukan permasalahan money politik, silahkan disampaikan ke satgas tingkat desa beserta bukti-buktinya. Apabila terbukti, akan dijerat undang-undang suap, baik yang memberi dan menerima,” imbuhnya.

Personil Satgas money politik akan dilakukan pembekalan dan mendapatkan pendampingan dari Babinkamtibmas dan unsur yang lain, sehingga dapat berkerja denganbaik. Dengan adanya kegiatan FGD dari Polres Sragen, diharapkan proses demokrasi Pilkades di Kecamatan Masaran tidak dinodai adanya money politik, sehingga pilkades bisa berjalan lancar dan aman sehingga terpilihnya pemimpin yang terbaik. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya