DPD PDIP Sulbar Menggelar Konfercab dan Konferda Dalam Rangka Persiapan Pilbup dan Pilgub Serta Kongres di Bali

22 July 2019 22:34
DPD PDIP Sulbar Menggelar Konfercab dan Konferda Dalam Rangka Persiapan Pilbup dan Pilgub Serta Kongres di Bali
Pelaksanaan Konfercab dan Konferda PDI Perjuangan Sulbar di Ballroom Hotel d'Maleo Hotel Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Toma/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Bertempat di Ballroom Hotel d’Maleo Hotel Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), berlangsung Konferensi Cabang (Konfercab) dan Konferensi Daerah (Konferda) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sulbar yang dihadiri sekitar 200 orang peserta, Senin (22/7/2019)

Hadir dikegiatan tersebut, Dean Pimpinan Pusat PDIP Rokhim Dahuri, Bambang Dwi Hartono, SB Wiranti Sukamdani, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulbar Agus Ambo Djiwa, Sekretaris DPD PDIP Sulbar Carles Wiseman, Fungsionaris PDIP yang juga Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Arwan Aras, para kader PDIP kabupaten dan provinsi se-Sulbar.

Sambutan Ketua DPD PDIP Sulbar, Agus Ambo Djiwa mengatakan, PDI Perjuangan Sulbar telah melakukan pra kongres untuk melakukan konsolidasi organisasi.

“Dalam konsolidasi PDIP Sulbar, kami telah melakukan tahapan penjaringan bakal calon (Balon) Ketua Dewan pimpinan Cabang (DPC) dan DPD PDIP, dimana semua tahapan telah selesai dilaksanakan dengan baik dan sudah dilaporkan ke DPP PDIP,” kata Agus, bupati dua periode Kabupaten Pasangkayu ini.

Ia menjelaskan, dalam Konfercab dan Konferda kali ini akan melaporkan unsur DPD PDIP Sulbar dan DPC yang ada di 6 kabupaten se-Sulbar. Selain itu, lanjut Agus, kita juga mempersiapkan pemilihan pemilihan bupati (Pilbup) di 4 kabupaten pada 2020 dan pemilihan gubernur (Pilgub) 2022 yang keduanya kita persiapkan untuk hal itu.

“Pesan Ketua Umum (Ketum) yang disampaikan, bahwa evaluasi ada dan memiliki ruang terhadap kepemimpinan daerah struktur partai. Maka berdasarkan evaluasi itu tentu nanti DPP akan memberikan rekomendasi arahan yang dimajukan dalam Pilkada nanti,” jelas Agus.

Ditempat yang sama, DPP PDI Perjuangan Rokhim Dahuri menyampaikan, saat ini sudah 10 provinsi yang serentak mengadakan Konfercab dan Konferda PDIP yakni, Provinsi Sulbar, Yogyakarta, Bangka Belitung (Babel), Bengkulu, Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara (Malut) dan Gorontalo.

“Konfercab dan Konferda PDIP merupakan upaya melakukan konsolidasi ideologi, politik, organisasi, dan sumber daya. Juga upaya meningkatan kedisiplinan para kader dan peningkatan kualitas SDM partai menjelang Kongres V di Bali nantinya,” papar Rokhim.

Menurutnya, dalam rangka Kongres V, PDIP melakukan evaluasi menyeluruh dan menempatkan bagaimana partai harus menjadi obor penerang, partai memimpin pergerakan rakyat, dan partai bertanggungjawab atas masa depan bangsa dan negara.

“Selain itu, di dalam penempatan kader dijabatan struktural partai, PDIP menambahkan satu kriteria untuk mengedepankan ideologi, yakni pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan. Kultur membangun organisasi partai jauh lebih penting daripada kepentingan orang-perorang,” tutur Rokhim.

Adapun pengurus DPC PDIP se-Sulbar, Ketua DPC Polewali Mandar Ibrahim HS, Ketua DPC PDIP Mamasa Yohannes Karataun, Ketua DPC PDIP Majene Muh Wahyu, Ketua DPC PDIP Mamuju Ado Mas’ud, Ketua DPC PDIP Mamuju Tengah (Mateng) I Komang Budi, Ketua DPC PDIP Pasangkayu Lukman Said.

Konfercab dan Konferda PDIP Sulbar merupakan suatu bentuk evaluasi dan persiapan menjelang Kongres V di Bali, serta konsolidasi dalam rangka menghadapi Pilbup Tahun 2020 dan Pilgub Sulbar Tahun 2022.

DPP PDI Perjuangan, Rokhim Dahuri menyebutkan, rencananya akan mengusung Ketua DPD PDIP Sulbar, Agus Ambo Djiwa sebagai Balon Gubernur Sulbar Tahun 2022 dan mengusung Arwan Aras sebagai Balon Bupati Mamuju Periode 2020-2025. (Toma/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya