Onang Utara Dalam Misteri Transisi Kepemimpinan 2020

16 May 2019 01:24
Onang Utara Dalam Misteri Transisi Kepemimpinan 2020
Yuti Kalionang

Penulis: Yuti Kalionang

DESA yang terletak diwilayah pesisir Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), merupakan desa pemekaran dari Desa Onang.

Sebahagian rakyatnya menggantungkan hidup dengan cara bercocok tanam dan juga sebagai nelayan. Kini sedang melalui proses fase perkembangannya untuk menuju desa berkembang hingga menjadi sebuah desa yang maju.

Desa ini akan melalui proses demokrasi dalam keberlanjutan pemerintahan di tahun 2020 melalui pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Ada banyak nama-nama yang mencuat di publik tentang siapa yang akan menjadi kompetitor pada pemilihan tersebut.

Sebagai warga desa tersebut, saya hanya ingin menyampaikan bahwa siapapun punya hak untuk dipilih ataupun memilih.

Soal layak atau tidak, pantas atau tidak, bukanlah itu yang menjadi substansi dalam kehidupan bernegara dan berdemokrasi, karena demokrasi adalah bukan tujuan. Namu ia (demokrasi) lebih kepada siapa yang akan siap mengabdikan diri kepada negara, dalam hal ini desa serta rela berkorban secara tenaga, fikiran bahkan darahpun sekalian untuk kemajuan sebuah desa serta kesejahteraan rakyatnya.

Namun kesadaran politik warganya juga mesti dipertemukan bahwa politik tidak hanya selesai pada tataran coblos mencoblos. Kritisisme ditempatkan sebagai perang gagasan untuk membangun sebuah desa. (*)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya